Sekda Prov : ‘Contohlah Banyuasin’

PANGKALAN BALAI — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Teknis Komunikasi dan Informatika bersama Kabupaten/kota se- Sumatera Selatan melalui teknologi videoteleconference, termasuk Kabupaten Banyuasin. Rapat dipimpin Sekda Prov. Sumsel Drs. H. Joko Imam Sentosa, MM di Hotel Swarna Dwipa, untuk Kabupaten Banyuasin dipimpin Asisten Administrasi Umum Drs. HM. Yusuf, M.Si didampingi Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Riduan, SKM di Ruang Command Center Kantor Bupati Banyuasin, Selasa (14/2/17)

Dalam percakapan melalui video jarak jauh tersebut, Sekda Prov. Sumsel  sempat memuji ruang command center pemkab banyuasin yg terlihat sangat interaktif dan modern. “Saya harap supaya daerah lainnya untuk mencontoh Banyuasin dalam pengelolaan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi” pinta Sekda dihadapan peserta rapat

Selain itu, Sekda juga menanyakan kesiapan Pemkab Banyuasin dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Pertanyaan ini langsung dijawab Asisten Administrasi dengan kesiapan Kabupaten Banyuasin. “Banyuasin siap pak, kita pergunakan command center ini untuk memantau titik api (hotspot) di kab banyuasin melalui satelite” jawab Asisten didampingi Kabid Komunikasi Publik Diskominfo.

Lebih lanjut sekda mengatakan bahwa rapat yang dilaksanakan kominfo kedepan cukup melalui teleconference saja. Kedepan, Gubernur dan Bupati/Walikota dapat menggelar rapat melalui teleconference sehingga koordinasi dan komunikasi dapat terselenggara dengan efisien dan cepat.

Usai melakukan rapat teleconference, M. Yusuf mengatakan bahwa rapat sudah seharusnya mengadopsi teknologi seperti ini. “Coba kita bayangkan, ini (teleconference-red) sangat membantu, bagi camat yang berada di perairan tentu sangat membantu. Tentu menekan biaya dan waktu cukup banyak. Sudah saatnya kita memanfaatkan tehnologi dalam memperlancar segala urusan Pemerintahan” pinta nya.

Hal senada diungkapkan Kabid Komunikasi Publik Riduan, SKM yang mengapresiasi pemanfaatan teknologi video teleconference. “Jadi tidak perlu repot-repot lagi ke kantor Bupati, jika ada rapat,  cukup mengaktifkan video teleconference, kita bisa langsung berkomunikasi. Pimpinan daerah tidak perlu repot-repot memgumpulkan Kepala OPD dan camat, cukup di klik saja” ujar Riduan sambil tersenyum kecil.

Terpisah, Kabid Infrastruktur dan TIK melalui Kasi integrasi layanan publik Erico Valben, S.Kom, M.Si. meenjelaskan teknologi ini sudah diadopsi Pemkab Banyuasin sejak beberapa tahun belakangan “Acara videoconference (vicon) ini menggunakan aplikasi WebEx sisco meeting yang di pelopori oleh diskominfo prov sumsel, diterapkan oleh Pak Kadiskominfo Erwin Ibrahim” kata Rico

Rapat melalui teleconference ini dilakukan bersama 6 kabupaten/ kota di Sumsel  yaitu Kabupaten Banyuasin, Kota Prabumulih, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kota Lubuk linggau, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu. (Diskominfo)