Semarak HUT, Puluhan anggota Pol PP Tampilkan Atraksi Memukau

PANGKALAN BALAI — Puluhan Anggota Sat Pol PP Banyuasin menampilkan atraksi memukau pada Apel peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-69, Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-57 dan Pemadam Kebakaran ke-100 Kabupaten Banyuasin. Apel yang dipimpin Wakil Bupati H. Slamet Somosentono, SH digelar di Lapangan Upacara Pemkab Banyuasin, Selasa 2 April 2019.

Wakil Bupati H. Slamet Somosentono, SH yang membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri menegaskan peringatan hari ulang tahun dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian apatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Peran penting Pemadam Kebakaran, SatPol PP, dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya yaitu melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia. 

Selain itu SatpolPP dan Linmas bertugas menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam menyelengaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara.

Dihadapan awak media, Pakde Slamet mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PolPP, Damkar dan Satlinmas yang merayakan ulang tahun. “Mari tingkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga lebih kompeten, profesional dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat lebih menunjang dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lapangan,” kata Wabup Slamet

Ditambahkannya memasuki tahun politik, Wabup meminta seluruh anggota satuan Polisi Pamong Praja dan satuan linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengawal suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

“Kuatkan sinergi, profesional dan senantiasa mengembangkan komunikasi serta koordinasi dengan seluruh stakeholder pelaksana pilkada serentak baik TNI, Polri, tokoh ulama dan tokoh masyarakat, sehingga tercipta situasi kondisi Banyuasin yang tertib, tentram dan kondusif selama proses maupun pasca pilkada,” lanjut Pakde Slamet

Sementara, Kasat Pol PP Pemadam dan Penyelamatan Kabupaten Banyuasin Drs. Anthony Liando, M.Si pada peringatan HUT tahun ini anggota satpol PP menyuguhkan atraksi bela diri yongmoodo, patah bata dan lompat api. Sementara pemadam kebakaran menyuguhkan aksi melewati lorong api dan pemadaman APAR oleh Wakil Bupati dan FKPF Banyuasin.

Pada kesempatan itu, dilakukan Penyerahan Penghargaan Sat Pol PP, Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Banyuasin dari Gubernur Sumatera Selatan kepada Bupati Banyuasin. Juga dilakukan penyerahan bantuan kendaraan operasional dari Bupati Banyuasin untuk SatPolPP Banyuasin.

Selain itu, Wakil Bupati menyerahkan santunan dari Bupati Banyuasin kepada Anggota Pemadam Kebakaran yang mengalami kecelakaan dalam tugas yaitu Aminuddin, M. Fadly Azzarkasy, Riyanto, Dedi Irhandi, Khoirul Anwar, Imam Fajri, Yonri Robiatul Alim, Hasri Utami, dan Adi Sucipto.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Kapolres Banyuasin, perwakilan Kajari Banyuasin, Perwakilan Dandim 0430 Banyuasin. Perwakilan Danyon Arhanud, perwakilan Dan yon Zikon 12/KJ, Pj Sekda Banyuasin Drs. HM. Yusuf, M.Si, para Asisten Setda, Staf Ahli, para Kepala OPD Banyuasin, ormas, tokoh masyarakat

(Diskominfo/PKP)