Sabet Emas, Panahan Banyuasin Tuai Prestasi

PALEMBANG — Alviana, atlet panahan Kabupaten Banyuasin berhasil menyabet emas di nomor Barebow Putri. Siswa SMA Negeri 1 Talang Kelapa ini berhasil memuncaki di ajang Kejuaraan Daerah Sumsel di Palembang, Senin (05/08).

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA mengapresiasi Atlet banyuasin yang telah mengikuti ajang perlombaan Kejurda Tingkat Sumsel ini. Dirinya mengaku berbangga atas raihan ini.

“Bersaing dengan kabupaten/kota lain terutama palembang dan Muba yang selama ini cabor panahan telah memberikan prestasi di kabupaten/kota tersebut, atlet banyuasin tidak gentar dan bisa memberikan medali emas untuk kabupaten banyuasin dilevel provinsi,” kata Erwin

Pihaknya berharap kedepan akan memperbaiki metoda pelatihan dan peningkatan prestasi cabor panahan Kabupaten Banyuasin sehiingga kedepan cabor olahraga sunnah nabi ini dapat lebih berprestasi lagi.

“Sesuai dengan amanah Bupati Banyuasin H askolani, bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas,” pungkasnya

Kejuaraan Daerah yang dilaksanakan oleh Persatuan Panahan Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dipalembang, diikuti oleh atlet – atlet panahan dari kabupaten kota yang memperebutkan medali dari beberapa nomor pertandingan, kejuaraan ini diperlombakan guna mencari atlet yang berprestasi untuk mewakili Sumatera Selatan pada aja PraPon dijakarta nanti.

Kejurda dan Selekda panahan ini dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 Agustus 2019 lalu di lapangan Sriwalk Palembang jalan H.M.Noerdin Panji Sukamaju Palembang.

Beberapa nomor yang dipertandingkan adalah FITA Recuve 70 meter (2 sesi, untuk segala umur), FITA Compound 50 meter (2 sesi, untuk segala umur), Standar Nasional 50/40/30meter (max umur 30 tahun) dan Barebow 30 meter (untuk ajang open turnamen).

Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sumatera Selatan Drs. M. Dhani Indra menyampaikan Cabor Panahan di sumatera selatan masih dalam rangka pembinaan dan perbaikan.

“Memang kita akui bahwa sumatera selatan belum banyak memberikan sumbangsih prestasi di level nasional tapi hal tersebut bukan berarti halangan bagi cabor panahan sumsel untuk memulai prestasi dilevel nasional,” kata Dhani

Menurut Dhani, dikepengurusan yang baru ini sudah ada beberapa langkah strategis yang telah dilakukan. “salah satunya kita telah melakukan sertifikasi kepelatihan dan wasit daerah yang telah melahirkan pelatih-pelatih dan wasit yang bersetifikat Perpani dan Hari ini kita telah berhasil melaksanakan Kejurda yang selama ini belum pernah kita lakukan kedepan,” lanjutnya

“Harapan kami melalui kerjurda pemetaan kemampuan atlet panahan sumatera selatan dapat terpetakan dan dapat dilakukan langkah langkah strategsi dalam rangka peningkatan prestasi panahan ini,” pungkasnya

Kegiatan ini diikuti oleh 89 atlet yang mewakili kabupaten/kota sesumatera selatan.

(Diskominfo/PKP)