Ribuan Ibu-Ibu Majelis Taklim Peringati 1 Muharram di Betung

BETUNG — Ribuan Ibu-ibu Majelis Taklim memadati Gedung Majelis Taklim Kecamatan Betung Kel. Rimba Asam Kecamatan Betung, Selasa ( 26/09). Kehadiran mereka dalam rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah, Pemkab Banyuasin mengelar Tabligh Akbar yang dipusatkan di Majlis Taklim Ibu-ibu di Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung.

Dalam mengambil tema “Merajut Ukhuwah Membangun Banyuasin Yang Berkualitas”, legiatan ini dihadiri Plt Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM,  yang diwakili Asisten III Dra. HM Yusuf, M.Si Kepala Kantor Kemenag Banyuasin Abadil Turmuni, Pimpinan OPD, Camat Betung Arifin Nasution, Lurah dan Kades dan Ustadz Kemas H Ali dari Kota Palembang serta ribuan jamaah Majlis Taklim Ibu -ibu di Kecamatan Betung.

Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono, MM yang diwakili Asisten III Drs. HM Yusuf, M.Si menyampaikan dengan pergantian tahun baru Islam tersebut dapat dijadikan intropeksi diri dan melakukan transformasi kearah kondisi yang lebih baik. Terlebih sebagai umat Islam seharusnya meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW yang bukan perpindahan dari Mekkah ke Madinah. Namun lebih dari itu makna mentransformasi diri kearah yang lebih bermanfaat baik bagi keluarga maupun masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mari kita renungi bersama sabda Rasulullah SAW. “Barang Siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang hari ini zaman dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barang siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin maka dia terlaknat,” ujar dia.

Peringatan tahun baru hijriyah kali ini juga, dia  mengharapkan agar senantiasa sebagai memegang teguh filsafah dan mengandung pesan religi kepada semua umat Islam agar hidup peduli dengan sesama. “Itulah sesungguhnya esensi dari pada Hijrah menuju peningkatan kualitas keislaman yang rahmatan lilalamin,”tuturnya.

Pergantian tahun ini, dia meminta pelayanan pemerintah kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi. Pembangunan tentunya harus lebih digiatkan lagi, dan ini perlu dukungan dari seluruh masyarakat Banyuasin.

“Peringatan acara-acara keagamaan seperti ini hendaknya tidak hanya sebatas seremonial saja, melainkan harus ada hikmah yang harus dipetik. Dengan bisa mengambil hikmah, itu artinya sudah menjadi umat yang bijaksana dan tidak merugi,” pintanya.

Sementara Camat Betung Arifin Nasution mengucapkan terimakasih kepada pengurus Majlis Taklim Ibu-ibu sebagai tuan rumah yang telah memberikan sumbangsih pada acara ini karena tanpa dukungan semua pihak acara ini tidak akan sukses sebagaimana mestinya.

“Kegiatan ini selain memperkuat silaturahmi antara Pemkab Banyuasin dengan masyarakat, juga meningkatkan syiar Islam dalam kehidupan beragama serta pemahaman umat terhadap hari-hari besar Islam secara kaffah,” katanya.

Ketua Majlis Taklim Ibu-Ibu Kecamatan Betung Mujiati mengatakan kegiatan keagamaan yang digelar Pemkab Banyuasin tidak cukup sampai disini saja, diharapkan dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Banyuasin atas kerjasama yang telah dijalin selama ini. Semoga dapat mewujudkan Pemerintah Baldatun warobul Ghafur,” katanya. (Diskominfo/PKP)