Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Supriono Ajak Warga Cintai Lingkungan

PALEMBANG — Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM menghadiri puncak peringatan Hari Lingkunggan Hidup Sedunia (HLHS) tingkat Provinsi Sumsel di halaman plaza parkir Depan Stadion Utama Jakabaring Sport City, Rabu (12/7). Pada kesempatan itu Kabupaten Banyuasin mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Alex Noerdin membacakan pidato dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc mengatakan Indonesia dihadapkan pada tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. Oleh sebab itu, dengan Tema “Menyatu dengan Alam” ini mengingatkan pentingnya akan kewajiban memanfaatkan kekayaan alam karunia Tuhan YME dengan sebaik-baiknya.

Berbagai upaya yang dilakukan antara lainnya  menjaga siklus air, mengendalikan pencemaran udara, pemanfaatan panas bumi, serta menikmati keindahan alam untuk obyek wisata.”Karena semuanya tersedia dalam jumlah melimpah di alam, namun dapat habis bahkan hilang jika kondisi alamnya rusak atau terganggu sebagai contoh air,”jelasnya.

Masih kata Alex Noerdin, masyarakat diharapkan mencintai alam, adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam. “ Ayo mari kita jaga alam kita, menyatu dengan alam, kita harus memperlakukan alam dengan baik, jangan hanya mengambil tetapi juga mengembalikan, kalau kita mengambil sumber air bersih, harus diperhatikan supaya ketersediaan air ini tidak berkurang. Ini usaha-usaha yang harus kita lakukan, dan ini tidak main-main,”ajaknya.

Ditemui usai menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Plt. Bupati Banyuasin mengatakan Permasalahan lingkungan hidup menjadi prioritas bagi Pemkab Banyuasin. ” Salah satu sasaran strategia Pemkab Banyuasin adalah melakukan pencegahan dan pengendalian kerusakan lingkungan keanekaragaman hayati di Kabupaten Banyuasin” kata Supriono

“Pengalaman kebakaran hebat di tahun 2015 silam memberikan pelajaran bagi kita untuk lebih menjaga alam kita. Saya mengajak semua pihak berkomitmen menjaga alam demi terwujudnya lingkungan yang lestari” pesan Plt. Bupati Banyuasin.

Lebih lanjut, kata Supriono, Inovasi yang telah dilakukan beberapa siswa di Banyuasin diharapkan menjadi pemicu warga lain untuk berbuat lebih baik bagi lingkungan. “Mudah-mudahan hasil karya dilapangan dapat benar benar terwujud nyata dan dapat benar benar dirasakan rakyat manfaatnya didalam mewujudkan lingkungan hidup dibumi sedulang setudung ini. Sekali lagi selamat atas keberhasilan putra putri Banyuasin” pungkas Supriono.

Dalam lomba kreasi barang bekas juara I dimenangkan oleh Ahmad Yanuar Hakim (SMAN 1 Banyuasin), juara III Lomba foto lingkungan Mashita Lara Aulia (SMAN 1 Banyuasin III), juara III lomba lukis Adinda Nezma Meidina (SMPN 1 Talang Kelapa), penghargaan Adiwiyata untuk SMPN 1 Banyuasin, SMK PP Sembawa, MAN Banyuasin III, Penghargaan Karhutla PT Sumber Hijau Permai, penghargaan pelaksana Proiklim Desa Sukamulya, Kecamatan Betung, Banyuasin.

(Kominfo/PKP)