Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pondasi Utama Pendidikan

Banyuasin – Kepala Dinas  Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisdikporapar) Kabupaten Banyuasin menyambut baik program penguatan karakter yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menjadi prioritas di satuan  pendidikan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  mengimplementasikan penguatan karakter penerus bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisdikporapar) Drs.H.M. Yusuf, M.Si mengatakan bahwa, Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai pondasi dasi dan ruh utama pendidikan dan pentingnya pendidikan karakter diterapkan di satuan pendidikan yang berdasarkan keterangan dari Kemendikbud.

“PPK juga mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spritual), oleh rasa (estetik), dan oleh raga (kinestetik). Integritas proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah dapat dilaksanakan dengan berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun melalui kolaborasi dengan komunitas di luar lingkungan pendidikan,”ungkapnya.

Beliau berharap siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai sesama, dapat bekerja sama, inklusif maupun berkomitmen atas keputusan bersama, musyawara mufakat, tolong menolong, memiliki empati dan rasa solidaritas, anti diskriminasi, anti kekerasan dan sikap relawan.