Pendirian Politeknik Pertanian Sembawa diharapkan Dongkrak Minat Generasi Muda di Bidang Pertanian

SEMBAWA— Rencana Pendirian Politeknik Pertanian Sembawa terus digalakkan. Kamis, (10/8) digelar Acara Public Hearing pembukaan Program studi D3 Politeknik Pembangunan Pertanian Sembawa.

Acara yang digelar di Aula SMK PP Negeri Sembawa ini dibuka secara langsung oleh Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM. Nantinya Politeknik Pertanian Sembawa akan membuka beberapa program studi antara lain Budidaya tanaman perkebunan, Mekanisasi Pertanian, dan Budidaya Peternakan.
Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mat Tobi’i, MP mengatakan dalam laporannya dengan diselengarakannya Public Hearing diharapkan dapat memberikan ruang saling tukar pikiran dalam merumuskan Perencanaan Pendirian Politeknik. “Masukan dari beberapa pihak sangat dibutuhkan bagi profil pembukaan Program Politeknik Pembangunan Negeri Sembawa” kata Mat Tobi’i.

Berdirinya Politeknik pertanian diharapkan mampu Menyiapkan generasi muda pertanian terdidik dan kompeten dibidang pertanian tanaman pangan holtikultura, dan perkebunan.
Peningkatan status SMK PP Negeri Sembawa menjadi Politeknik Pertanian disambut bail Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM menyambu, hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Banyuasin yang terdiri dari 288 desa dan 16 kelurahan ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terkait yang telah berupaya melakukan pemberdayaan dan pengembangan potensi Pertanian khususnya untuk Kabupaten Banyuasin, melalui program Pendirian Politeknik Pertanian” kata Plt. Bupati Banyuasin
Dijelaskan Supriono, saat ini Kabupaten Banyuasin kekurangan tenaga pertanian. “Petani jumlahnya terbatas, Anak muda tidak begitu simpati dengan keberadaan sektor pertanian. Tamatan sekolah maunya, kerja kantoran, gak mau terjun ke sektor pertanian” jelas Supriono

Ia melanjutkan, berdirinya politeknik ini dapat menjadi momentum baik untuk meningkatkan kecintaan dan pemberdayaan di bidang pertanian. “Generasi muda, bisa lebih tertarik dengan pertanian” harap Supriono

Diungkapkan oleh perwakilan Pusat Pendidikan Kementerian Pertanian RI Dr. Inneke Kusumah Astuti bahwa untuk mendirikan Politeknik Negeri harus memenuhi beberapa kualifikasi. “Yang pertama adalah Studi kelayakan, kemudian adanya
Rancangan susunan organisasi dan tata kerja, dan terakhir adalah Rancangan usulan program studi” ungkap Inneke

Harapannya, rencana pendirian Politeknik Pertanian harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Adanya Pengembangan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri SMK PP Negri Sembawa. “Dukungan pemerintah daerah dan dunia usaha sangat menentukan hasil akhir tercapainya cita-cita menyukseskan keunggulan bidang pertanian” pungkas Inneke.

Turut menghadiri antara lain Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Sukardi, SP., Sriyatun, SP., Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Prov. Sumsel A. Rizal Nasution, SP., Kajur Fakultas Pertanian Unsri Dr. Meysri liana Sari, SP.I., M.Si., Kepala Dinas Pertanian Ir. Syuhada Adjiz Umar, Kepala Dinas Perikanan Ir. Kosarodin, Pimpinan Perusahaan, dan Tokoh Masyarakat.

(Kominfo/PKP