Penderita Penyakit Tuberculosis di Banyuasin Meningkat

hakimPangkalan Balai – Penderita Penyakit Tuberculosis atau disebut TB di Kab. Banyuasin cukup tinggi. dari data Dinas Kesehatan Kab. BanyuasinB yang didominasi usia produktif.

melalui kepala Dinkes Kab. Banyuasin Dr Hakim M.Kes melalui wakil supervisor yulianti SKm Mengatakan penderita penyakit TB setiap tahunnya mengalami peningkatan sebanyak 4% dan penderita tertinggi terdapat di Puskesmas Sukajadi Kec. Talang Kelapa sebanyak 76 orang. adapun penderita tertinggi urutan kedua di Puskesmas Maryana Kec. Banyuasin I sebanyak 30 penderita dan ketiga terdapat di Puskesmas betung sebanyak 29 orang.

” meningkatnya penderita TB di Banyuasin karena petugas kesehatan yang tersebar di Wilayah Banyuasin Aktif mencari dengan tujuan agar penderita TB bisa langsung diobati sesuai dengan tingkat penyakit yang di deritanya.”ungkapnya.

beliau menegaskan, tingginya penderita penyakit TB ini menunjukan petugas dilapangan bekerja dan dapat melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit menular tersebut dan untuk masyarak untuk waspada terhadap penyakit TB.

“dan untuk memutus mata rantai penyakit TB ini petugas kesehatan ini di bantu oleh kader comunity TB-HIV aisyiyah SSR, Banyuasin harus aktif dalam mencari dan memberikan pengobatan apalagi Banyuasinmerupakan tertinggi kedua di sumatera selatan,” ujarnya.