Pemkab Banyuasin Sidak Pasar, Pastikan Stok Sembako Aman, Ditemukan Barang Kadaluarsa.

 
Betung — Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Tim Sidak yang dipimpin DPKUKM, Dinas kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Sat Pol PP, serta aparat kepolisian melakukan sidak di Pasar Tradisional Betung, Senin (05/06) pagi. Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok selama Ramadhan, dan juga untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasar.

Hasilnya, didapati stok kebutuhan pangan masih terjamin dan harga pasar masih stabil. “Harga masih stabil, tidak banyak mengalami perubahan dari hari-hari sebelumnya. Misalnya ayam ras 28 ribu, daging 120ribu, Gula 13 ribu, Telur 18 ribu” kata Kepala DPKUKM Ir. Hj. Ria Apriani, M.Si yang memimpin langsung sidak pasar.

Selain itu, lanjut Ria Apriani, ditemukan pula sejumlah barang kadaluarsa, serta masih ditemukan tahu yang mengandung formalin.¬† “Barang langsung disita oleh pihak kepolisian untuk di jadikan barang bukti” lanjutnya

Menurutnya, sidak pasar ini akan terus diupayakan ke beberapa pasar yang ada di Kabupaten Banyuasin.

“Ini masih awal, nantinya kita akan gelar sidak di beberapa lokasi. Makin dekat lebaran, makin intensif. Bisa jadi beberapa pasar sekaligus, supaya ketersediaan barang kebutuhan pokok tetap terjaga. Dan pastinya untuk memantau harga pasar” sambungnya.

Sementara Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM meminta dinas terkait untuk bekerja lebih lagi dalam menjaga stabilitas harga, bukan hanya memantau harga pasar, tapi dapat mengambil tindakan cepat jika diketahui ada harga yang naik drastis atau pun anjlok.

“Selain itu saya imbau agar pedagang dapat menjual makanan sehat bebas dari bahan berbahaya seperti formalin dan boraks. Apalagi¬† Dinas terkait sudah melakukan pelatihan keamanan pangam kepada pedagang mie dan tahu di pasar” imbau Supriono.
(Kominfo/PKP)