Pemkab Banyuasin Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

PANGKALAN BALAI – Kabupaten Banyuasin Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, langsung memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Uapacara digelar di lapangan Kantor Bupati Banyuasin, Senin (4/6).

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 adalah ”Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

Dalam hal ini amanat Presiden RI yang di bacakan Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem selaku pemimpin upacara. melaksanakan upacara memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa sekaligus meneguhkan hati terhadap eksistensi Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum untuk mengingat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, ia mengajak semua pihak sama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

Makna luhur yang dapat diambil dalam proses lahirnya Pancasila yaitu Pertama, kita sebagai generasi penerus perlu menaruh rasa hormat dan bangga terhadap para pendahulu pendiri bangsa yang telah meletakkan dasar-dasar ketatanegaraan yang kuat, Kedua, setelah disyahkannya Pancasila sebagai dasar negara,

Upacara juga diikuti seluruh Kepala OPD, dan unsur forum pemerintah daerah Lainya dan anggota Polri, TNI, Sat Pol PP, sejumlah ASN dan non ASN di lingkungan Pemkab Banyuasin serta pelajar.