Pemkab Banyuasin Beri Pelatihan Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Terhadap Bencana Alam

PANGKALAN BALAI — Pemerintahan Kabupaten Banyuasin Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin memberikan Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan kepada puluhan petugas dari berbagai bidang kesehatan di Kabupaten Banyuasin, Terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam.

 

Acara yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Banyuasin di buka Langsung Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH

 

“Kami memberikan Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan kepada petugas kesehatan di daerah ini terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam terutama Masalah Banjir ,” kata Wabup Slamet, Kamis (10/10).

 

Lebih lanjut Pakde Slamet Menjelaskan, Bahaya banjir akan terjadi disepanjang Luas Wilayah yang terpapar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

 

“Sebagai contoh wilayah yang terdampak lebih tinggi kenaikan permukaan air sungai Musi adalah di pemukiman sepanjang DAS di kecamatan Rantau Bayur dan Sungsang. Semoga dengan Kegiatan ini diharapkan Para petugas dapat menjalankan tugas Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada sehingga penanganan dapat dilakukan Secara Maksimal, ” Jelasnya.

 

Sementara itu dr. H. Masagus. M. Hakim, M. Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin mengatakan, Penyelenggaraan simulasi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan Pusat Krisis Kesehatan dalam rangkaian persiapan klaster kesehatan menghadapi potensi krisis kesehatan.

 

“Tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan operasi komando penanganan darurat bencana terutama di bidang kesehatan sesuai dengan Kondisi yang ada di Kabupaten Banyuasin,” Tegasnya.

 

Turut Hadir Kepala BPBD Kesbangpol Banyuasin Ir Alpian, MM, Dr. Mohamad Fahmi, SpP Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran UI, Kepala Krisis Kes Kemenkes RI Diwakili Ibu rini kasi Perencanaan TU PKK Kemkes.

 

 

(DISKOMINFO/PKP)