Pemkab Gelar Forum Konsultasi RPJMD

PANGKALAN BALAI – Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Bappeda dan Litbang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Banyuasin Tahun 2018-2023. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (15/10), di Auditorium Pemkab Banyuasin.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kepala bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah Regina Afriyanti , ST menyampaikan Forum Konsultasi Publik ini merupakan bagian dari tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Banyuasin 2018-2023.

“Penyusunan ini wajib dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih, karena visi dan misi saat kampanye harus menjadi dokumen induk perencanaan. Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, penyusunan RPJMD dimulai saat Bupati Terpilih terpilih,” bebernya

Dia berharap seluruh masyarakat bisa mengetahui dan berperan serta dalam penyusunan RPJMD. Sebab RPJMD, harus menggambarkan keinginan rakyat yang dirumuskan dalam sebuah perencanaan pembangunan yang nantinya juga bermanfaat untuk menyejahterakan masyarakat.

“Rancangan Awal RPJMD juga perlu dikonsultasikan kepada publik. Semua masyarakat harus terwakili. Baik itu politisi, lembaga organisasi masyarakat, lembaga usaha swasta, kelompok anak, kelompok perempuan, dan kelompok difabel,” katanya.

untuk menjadi pertimbangan kami kedepan dan ini nantinya bisa perbandingan bagaimana senergi provinsi dan kabupaten Banyuasin pertumbuhan ekonomi Banyuasin cukup baik dan lebih tinggi dari tingkat nasional.

Mengenai IPM kita masih di bawah dan sekarang kita minta untuk meningkatkan IPM ( Indeks Pembangunan Manusia), APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni), tinggal bagaimana kita menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Banyuasin.

“Ini merupakan PR bagi kita semua dan kita akan membangun pusat-pusat kesehatan di setiap daerah, mendorong kepentingan Publik, Melibatkan LSM dalam pembangunan, dan menjadikan Pers dan media masa”, harapnya.

Forum Kunsultasi kali ini dihadiri Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet, SH, Wakil ketua DPRD Heriyadi M. Yusuf, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kepala bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah Regina Afriyanti , ST, Kajari Banyuasin LA. Kamis, Bappeda dan Litbang Banyuasin Ir. Zulkifli Idrus, M.Tp, Staff Khusus, Staff Ahli Bupati, Inspektorat, OPD, KNPI, Tokoh Masyarakat, Ketua Koni Banyuasin, FKUB, Media dan Ormas.

Senada dengan Bappeda Provinsi Wakil Bupati Banyuasin H.Slamet, SH mengatakan
Rancangan awal RPJMD Kabupaten Banyuasin tahun 2019 – 2023 yang disusun telah memuat visi dan misi, tujuan, dan prioritas Bupati dan Wakil Bupati dan akan dilanjutkan ke tahap penyusunan RPJMD sebagai bahan pada Musrenbang RPJMD.

“Keberhasilan pembangunan Kabupaten Banyuasin merupakan keberhasilan dan peran Pemerintah pusat dengan dukungan masyarakat”, tegasnya.

Partisipasi kita bersama sangat penting dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis, sehingga mampu mengantisipasi perubahan dan dinamika dalam masyarakat.

“Demi terwujudnya Kabupaten Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera”, tutupnya.

Berikut adalah Program Prioritas Kabupaten Banyuasin Tahun 2018 – 2023:
1. Program infrastruktur Bagus
2. Banyuasin Prima
3. Banyuasin Cerdas
4. Banyuasin Sehat
5. Program Petani Bangkit
6. Sistem Pemerintahan Terbuka
7. Banyuasin Religius