Pemerintah Kabupaten Banyuasin Himbau Sholat Gerhana atau Sholat Khusuf.

PANGKALAN BALAI — Berdasarkan himbauan Kementerian Agama RI, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Sehubungan akan terjadinya Gerhana Bulan Total pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018 M bertepatan dengan tanggal 14 Jumadal Ula 1439 H, mulai pukul 18:48:27 WIB dan puncak gerhana pukul 20:29:49 WIB dan akhir Gerhana Bulan Total pukul 22:11:11 WIB.

Dengan ini dihimbau untuk seluruh masyarakat kabupaten banyuasin untuk:
1. Melakukan sholat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

2. Dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu. Selain itu juga dianjurkan memperbanyak zikir, istigfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya.

3. Disamping itu kami menghimbau agar umat islam berdo’a untuk keselamatan bangsa dan negara.

Hal ini juga disampaikan oleh Drs. H. Ahmad Mastur dengan didampingi Kasubbag Sosial Kesra, H. Judri, M.Si Agar seluruh masyarakat Banyuasin utk melaksanakannya pada saat gerhana, Namun sholat gerhana ini tidak wajib hanya disunahkan saja.

“Sholat gerhana disesuaikan dengan kondisi di wilayah masing-masing sehingga sholat dapat berjalan dengan khusyuk, tertib, khidmat serta dapat diikuti oleh masyarakat muslim secara luas”, tambahnya.

Gerhana bulan malam ini di sebut dengan Super blue blood moon yakni peristiwa penting dimana bulan menunjukkan tiga fenomena sekaligus yakni supermoon,bluemoon dan gerhana bulan.

Fenomena ini hanya akan terlihat di beberapa daerah, antara lain di Pulau Sumatra, Pulau Jawa hingga bagian barat Jawa Timur, dan sebagian timur Jawa Tengah, serta sebagian kecil daerah di kalimantan Barat.

Diluar daerah tersebut, proses gerhana bulan dapat diamati pada fase gerhana bulan penumbra pada pukul 18.48 WIB. (Diskominfo/PKP)