Pelopor Smart City Ke Seluruh Desa

PALEMBANG — Bupati Banyuasin H Askolani Jasi SH MH menerima penghargaan Pelopor Smart City ke seluruh Desa di wilayah Kabupaten Banyuasin dari sumeks.co, Sabtu (6/4) malam di Hotel Harper Palembang.

Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Bupati Banyuasin H Askolani Jasi SH MH didampingi Kadiskominfo Banyuasin Erwin Ibrahim dan Staf Khusus Bupati Syarifudin Zuhri, oleh Direktur Utama WSM (Sumeks Grub) wilayah Sumbagsel dan Jawa Barat H Suparno Wonokromo.

Seperti diketahui, program Smart City memberikan informasi pembangunan dan sistem layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dengan sitem layanan berbasis TIK. Apalagi wilayah Kabupaten Banyuasin sangat luas terdiri dari 11.832,99 KM2 yang terbagi 21 Kecamatan dan 305 desa/kelurahan.

Dengan Smart City ini, setiap kebijakan pemerintah daerah mudah terkoneksi di seluruh kecamatan dan desa, tanpa harus dilakukan secara manual.”Kita juga akan meningkatkan pelayanan di bidang perizinan,” kata Bupati Banyuasin Askolani Jasi SH MH didampingi Kadiskominfo Banyuasin Erwin Ibrahim beberapa waktu lalu.

Mahmud, General Manager Sumeks.co di sela kegiatan Malam Penghargaan Kepala Daerah di Sumsel dan sekaligus Launching Media Online Sumeks.co di Ballroom Hotel Harper Palembang, Sabtu (6/4) malam, menilai Inovasi ini sangat memberikan kontribusi bagi masyarakat, selain itu inovasi ini benar-benar terobosan yang sangat baik.

Pada rangkaian kegiatan tersebut juga turut dihadiri Direktur Utama WSM (Sumeks Grup) wilayah Sumbagsel dan Jawa Barat, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Auri Jaya dan Kepala Daerah atau perwakilan dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel penerima penghargaan dari media online SUMEKS.CO.

Selain menerima penghargaan Pelopor Smart City ke seluruh Desa di wilayah Kabupaten Banyuasin dari sumeks.co, Bupati Banyuasin H Askolani Jasi SH MH mendapatkan lelang karikatur.

Dalam karikatur itu Bupati Banyuasin sedang berada di dalam perahu, dengan memancing udang di perairan. Menurut Syaifudin Zuhri, staf khusus bidang ketahanan ekonomi (pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan), publik relation, komunikasi, dokumentasi dan data dari instagram mengatakan.

Kalau karikatur ini bermakna, bahwa Kabupaten Banyuasin wilayah perairan yang sangat berpotensi dalam sektor perikanan. Dimana 30 persen kebutuhan ikan dan udang Provinsi Sumsel berasal dari Bumi Sedulang Setudung Banyuasin.

Seperti diketahui, hasil ikan tangkap, Kabupaten Banyuasin merupakan terbesar di wilayah Sumatera Selatan. Dimana selain udang, Ikan – ikan hasil tangkap yang berkualitas tinggi yang ada di perairan Kabupaten Banyuasin yaitu ikan peperek, ikan sebelah, ikan manyum, ikan kerapu, ikan kakap, ikan cucut, ikan pari, ikan bawal hitam, ikan bawal putih, ikan selar, ikan kembung, ikan tenggiri papan, ikan tongkol, udang ronggeng, udang windu, udang jerbung, udang dogol, kepiting bakau, kerang darah, rajungan dan lain sebagainya.