Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok, Pemkab Banyuasin Gelar Pasar Murah

 

 

Muara Sugihan — Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar pasar murah bulan Ramadhan 1438 H dalam rangka menjaga ketersediaan kebutuhan pokok warga di Kabupaten Banyuasin. Melalui Dinas Koperasi dan UKM pasar murah digelar di Desa Margo Mulyo Jalur 16 Kecamatan Muara Sugihan, Kamis (1/6).

Disebutkan Kepala DPKUKM Ir. Hj. Ria Apriani, M.Si pasar murah itu akan menjual sejumlah kebutuhan pokok warga seperti beras, minyak goreng, gula pasir, susu, tepung terigu, dan sejumlah barang kebutuhan lain dengan harga yang disubsidi pemerintah senilai Rp. 31.500 per paket nya.

Dengan kegiatan pasar murah itu diharapkan bisa membuka akses warga mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Selain itu dengan gelar pasar murah bisa memungkinkan terjadi stabilisasi harga di pasaran.

“Ini harapan pemerintah sehingga masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa dengan terpenuhinya semua kebutuhan dalam rumah tangganya,” kata Ria Apriani.

Sementara Kabid Perdagangan Darmawi mengungkapkan Dalam pasar murah tersebut, terdapat kurang lebih 500 paket sembako yang akan di perjual belikan. Satu paket sembako bernilai seharga Rp 91.500, tetapi di pasar murah tersebut satu paketnya dijual seharga Rp 60.000.

Pada kesempatan itu ia mengatakan, kalau dilihat dari nilai isi paketnya, mungkin itu tidak akan menyelesaikan masalah masyarakat untuk menghadapi bulan puasa, tetapi setidaknya paket itu bisa menunjukan bentuk kepedulian pemerintah.

“Mungkin kalau dilihat dari nilai dan isi paket ini, mungkin tidak menyelesaikan masalah kebutuhan pangan saat puasa, tapi paling tidak ini bisa menunjukan kepedulian Pemerintah Daerah kepada warganya,” jelasnya

Masyarakat Kecamatan Muara Sugihan mengharapkan kedepan Pemkab Banyuasin akan mengupayakan untuk mengadakan pasar murah yang jauh lebih besar dan lebih banyak. Pasar murah tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas harga barang. “Pasar murah ini, salah satunya untuk menjaga stabilitas harga. Mudah-mudahan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Muara Sugihan” ujar Camat Muara Sugiha Bambang Tri Margunadi, S.STP., M.Si (Kominfo/PKP)