Pakde Slamet Terima Kunker Komnas HAM

PANGKALAN BALAI — Kabupaten Banyuasin mendapat Kunjungan kerja Komnas HAM RI dalam rangka Pramediasi terkait kasus-kasus Agraria di Kabupaten Banyuasin.

“Alhamdulillah pramediasi teradu berjalan dengan lancar dan masalah sdh clear”, tutur Pakde Slamet di ruang rapat Bupati Banyuasin, Jumat (20/09).

Slamet mengatakan kami dari pemkab Banyuasin harus pro aktif dalam menangani masalah-masalah kasus yang ceritanya mencuat di pusat.

“Dari permasalahan ini ada sebagian yg kurang puas, kurang bisa dan sebagian ada seperti adanya permasalahan sengketa Tanah antara Perusahaan dengan masyarakat setempat dan telah clear”, Katanya.

Pakde Slamet Berharap kedepan kalau bisa diselesaikan di daerah saja agar tidak berkelanjutan hingga ke pusat.

Sementara itu Komisioner Mediasi Komisi HAM Munafizal Manan mengatakan Ada 4 kasus yang masih dalam tahap pramediasi 1 pasca mediasi.

“Kami datang kesini mengkomunikasikan dengan Pemkab untuk mengetahui bagaimana informasi tentang kasus tersebut disini dari pihak yg teradu dan kami telah mendengar dari pihak pengadu”, terangnya.

“ternyata dr pihak pemkab telah pro aktif untuk mengupayakan menyelesaikan kasus tersebut dan harapannya dapat diselesaikan daerah di Pemkab dan tidak harus Komnas HAM”, tandasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, Komisioner Mediasi Komisi HAM Munafizal Manan, Kasubbag Rencana Mediasi Komisi HAM Eri Riefika, Sekretaris dinas Catatan sipil Sultan Al- Rasyid, dan perwakilan Dinas BPN dan Disnakertrans.

(DISKOMINFO/PKP)