Pada Peringatan Hari Pramuka ke 56, Supriono Sebut Pramuka Membentuk Pemuda Berbudi Pekerti Luhur

SEMBAWA — Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kabupaten Banyuasin menyebutkan Pramuka membentuk pemuda menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur. Hal ini disampaikan saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 56 di Lapangan Upacara SMK PP Negeri Sembawa, Selasa (15/8).

Bertindak sebagai pembina upacara, Ir. SA Supriono, MM mengatakan dalam sambutannya, Pramuka bukan hanya menekankan pembentukan ilmu dan teknologi semata, tapi juga lebih menekankan pada pembantukan iman dan takwa.

Dijelaskannya, menurut Undang Undang Nomor  12 tahun 2010 bahwa pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yamg beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Pramuka ini mengantisipasi kaum muda dari bahaya narkoba, pengangguran, kekerasan, minimnya rasa hormat, perasaan ingin menang sendiri. Untuk itu pada momen peringatan Hari Pramuka ke 56 ini saya mengajak untuk merapatkan barisan.” lanjut Plt. Bupati Banyuasin ini

Ketua Mabicab Kabupaten Banyuasin ini juga menyematkan Penganugerahan Penghargaan Pancawarsa kepada beberapa pegiat pramuka Banyuasin antara lain, Ir. Alfian, MM, Gusti Deni Asmarani, Firmansyah, Komariah, Irwanto, Muhammad Sarbini, Nila Suyanti, Rahmad.

Pada acara itu, ditampilkan atraksi marching band dari SD Negeri 4 Sembawa dan atraksi semapora masal dari Gudep SMPN 1 Sembawa, serta penampilan LTKBB variasi dari MAN Pangkalan Balai.

Turut mendampingi, Kapolres Banyuasin AKBP Andi Sudarmadi, S.Ik, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Banyuasin Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, sejumlah Kepala OPD, Camat Sembawa, dan beberapa tokoh Pramuka Banyuasin.

(Kominfo/PKP)