MTQ ke- VIII Resmi Dibuka

TANJUNG LAGO — Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke- VIII Tingkat Kabupaten Banyuasin resmi dibuka oleh Bupati Banyuasin Ir. S.A. Supriono, M.M di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Telang Desa Mulya Sari Kecamatan Tanjung Lago, Sabtu (24/3) Pukul 14.30 Wib.

Penyelenggaraan Kegiatan MTQ ke- VIII akan berlangsung selama 5 hari dimulai 24 hingga 29 Maret 2018, bagi peserta yang terbaik akan dikirim mengikuti MTQ ke-28 di Kabupaten Ogan Ilir pada tahun 2018

Ketua Panitia Pelaksana MTQ dalam laporannya menyampaikan kegiatan MTQ ini, tak lain untuk menyeleksi qori-qoriah, hafidz-hafidzoh, muffasir-muffasiroh,  Khottil quran, Syahril quran, Fahmil quran, dan Menulis Makalah Al-quran, akan merebutkan tropi dan piala bergilir Bupati Banyuasin.

Selain itu juga meningkatkan pembangunan kehidupan beragama serta pemahaman umat terhadap kitab suci Al-Quran secara benar dan kaffah.

Bupati Banyuasin, Ir. SA Supriono, MM mengatakan pelaksanaan MTQ ke VIII Kabupaten Banyuasin hendaknya bisa dijadikan sebagai salah satu tonggak dalam membina Qori dan Qoriah, hafidz dan hafidzoh yang nantinya mampu memenangkan ajang MTQ tingkat Provinsi Sumsel bahkan tingkat Nasional.

“Apalagi ajang MTQ ini selain menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan dalam membaca dan menulis Al-Quran,”katanya.

Menurut dia, pada hakekatnya MTQ ke- VIII tahun ini, selain untuk membina ukhuwah Islamiyah juga dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Kabupaten Banyuasin.

“Oleh karena itu, jangan berpikir untung atau kalah dan menang dalam perlombaan MTQ bukanlah tujuan utama, kami minta pada dewan hakim mengedepankan kualitas dan sportifitas sehingga lebih objektif” tuturnya.

Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah itu dikuti sebanyak 423 kafilah di 19 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin. Jumlah ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Kecamatan Banyuasin I mengirimkan sebanyak 25 orang, Banyuasin II 6 orang, Banyuasin III 42 orang, Talang Kelapa 41 orang, Betung 31 orang, Pulau Rimau 17 orang, Rantau Bayur 18 orang, Tanjung Lago 43 orang, Muara Telang 10 orang, Makarti Jaya 16 orang, Muara Padang 22 orang, Rambutan 19 orang, Tungkal Ilir 12 orang dan Muara Sugihan 24 orang, Air Saleh 9 orang, Suak Tapeh 6 orang, Sumber Marga Telang 10 orang, Air Telang 20 orang dan Sembawa 50 orang.

Dalam kesempatan ini juga di laksanakan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H dengan penceramah Ustadz H. Muhammad Ali dari Palembang. Di akhir acara Bupati Banyuasin dan Ketua TP. PKK Kab. Banyuasin mengunjungi stand pameran yang di ikuti oleh UP2K desa kec. Tanjung Lago, Kecamatan, OPD dan Swasta.

Hadiri dalam acara tersebut Wakil Ketua III DPRD Banyuasin M. Sholih, Asisten III Setda Banyuasin Ir. H.M. Yusuf, M.Si, Kakan Kemenag Banyuasin H. Abadil Tarmuni, S.Ag, Ketua TP. PKK Kab. Banyuasin Karwana, SE, Ketua LPTQ Banyuasin Hj. Aswarini, Seluruh Camat, Kades dan BPD, serta Pimpinan Pon-Pes se-Kabupaten Banyuasin.
(Diskominfo/PKP )