Mesin Motor Disulap Jadi Mini Jeep Di Banyuasin

smk-suaktapehPangkalan Balai– Hanya berbekal mesin motor bekas siswa SMKN1 menyulap mesin motor menjadi kendaraan roda empat. Karya inovasi siswa SMKN1 Kec.Suak Tapeh ini patut diacungi jempol karena berhasil membuat inovasi cerdas yakni merakit mobil jeep dengan mesin motor.

Perakitan yang dilakukan dikendaraan motor granmoto trail, hasil karya perdana inovasi ini dirakit oleh para siswa kelas XI jurusan rekayasa kendaraan ringan. mobil rakitan tersebut dinamakan “Micro Jeep SMK Suta” sedangkan rakitan motor grandmotor trail.

Uniknya lagi, mesin yang digunakan untuk mobil jeep yang berukuran mini tersebut berasal dari sepeda motor. Walaupun hanya bermodal mesin kendaraan roda  dua yang dirakit pada kendaraan roda empat tapi mobil ini patut diacungi jempol.

Menurut kepala sekolah SMKN1 Kec. Suak Tapeh Drs Muhammad Syafwan MM, baru-baru ini, menjelaskan, dari sisi mesin kami tidak mengubah apapun, masih original mesin sepeda motor. hanya saja kami menambah komponen untuk bisa maju dan mundurkan mobil.

“adapun pembuatan mobil jeep mini ini, hanya membutuhkan waktu satu sampai dua bulan dan sekarang kondisi mobil mini jeep sudah hampir selesai dikerjakan hanya tinggal mempercantik saja. Yang menjadi kendala kesulitan dalam menyelaraskan antar komponen. Hal ini untuk membiasakan para siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif, sehingga kedepannya bisa menciptakan karya-karya terbaik,”ungkapnya

Beliau berharap kendar mini jeep ini dapat diterima di industri outomotif serta mereka menjadi pelaku outomotif profesional dan inovasi siswa ini bisa berguna sehingga bisa diproduksi massal,”harapnya.