MENTERI KOMINFO AKAN DATANG KE BANYUASIN

MENKOMINFO BERTEMU BLOGGER AMBON

Ambon,Maluku — Menteri Kominfo RI Rudiantara berencana akan berkunjung ke Kabupaten Banyuasin untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan pilkades evoting tahap II yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang.

Hal ini dikemukan langsung Rudiantara kepada Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim, ST, MM, MBA., di Kota Ambon.

Keduanya bertemu saat menghadiri Diskusi Blogger Ambon dan nonton bareng (nobar) film dokumenter Lentera Maya yang diselenggarakan di Ocean Hotel Ambon, Rabu 8 Februari 2017.

Rudiantara juga menyampaikan apresiasinya atas suksesnya pelaksanaan pilkades evoting di Kabupaten Banyuasin tahun 2016 kemarin. Menurut Rudiantara, gelaran pilkades evoting tersebut patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk menyelenggarakan kegiatan serupa.

“Wajar saja sampai diganjar rekor Muri, terbanyak dan sukses” ujar Rudiantara memuji.

Selain itu, Rudiantara yang mendapatkan penjelasan dari Kadis Kominfo terkait pelaksanaan pilkades evoting tahap II yang akan di laksanakan di 48 desa antusias untuk bisa menyaksikannya secara langsung.

“Tolong jadwalnya terus di follow up ke saya ya, saya ingin bisa meninjau langsung ke Banyuasin” ujarnya.

Selain itu Menteri Kominfo juga mengapresiasi kebijakan Wakil Bupati Banyuasin, Ir. SA Supriono, MM yang dengan konsisten tetap melaksanakan pilkades evoting di 48 desa tahun ini. Ia menyatakan hal ini semakin menunjukkan bahwa evoting merupakan sistem pemungutan suara yang transparan, akuntabel, efisien, cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Lebih jauh Rudiantara juga menyatakan sukses pelaksanaan pilkades evoting juga membuat banyak pihak optimis evoting akan bisa diterapkan pada pilpres, pileg ataupun pilkada tahun 2024.

“Jadi sudah sewajarnya hal ini menjadi pertimbangan presiden utk melaksanakan secara nasional” harapnya.

Sementara itu, Erwin Ibrahim yang ditemui usai acara menyampaikan bahwa evoting tidak hanya mampu membuktikan efisiensi dalam hal anggaran dan pelaksanaan, namun lebih dari itu pelaksanaan evoting juga mampu menghindari konflik yang selama ini sering terjadi.

“Salah satu desa ada yang telah melakukan pemilihan hingga 6 kali dan masih saja konflik, begitu kita terapkan evoting,l angsung selesai, beres semua” tutupnya. (Joan)