MANPABA Banyuasin Kembangkan Taman Obat Keluarga

Banyuasin –untuk menata keindahan tanaman ini, tim Adiwitata Manpaba menata kembali kawasan Tanaman Obat Keluarga  (Toga) tersebut. Sehingga tanaman menjadi hijau, ini salah satu syarat untuk menjadi Adiwiyata tingkat nasional.

Ketua Tim Adiwiyata Mansaba Hj. Ida Royani mengatakan, Tanaman Obat Keluarga yang ada di Mansaba ini ada yang ditanam langsung ke tanah dan ada yang ditanam di media pot dari kemasan bekas, sehingga Toga memiliki dua tempat. Untuk yang berada ditanah dilakukan penataan dan perawatan dari adanya hama dan gulma tanaman, sedangkan yang berada di dalam pot diletakan dilokasi tertentu yang letaknya cukup tinggi dari tanah.

Sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi, Manpaba sudah sangat siap, semua persyaratan untuk menuju ke tingkat nasional sudah hampir terpenuhi.”syarat penunjang untuk menuju sekolah Adiwiyata ke tingkat nasional terus dipenuhi,”ungkapnya.

“Tim pengelolah Toga, selain memelihara tanaman, juga melakukan pengembangbiakan tanaman, bisa dengan cara stek batang, pemisahan umbi dan melalui daun tanaman. Hasilnya nanti akan memperbanyak jumlah tanaman,”ujarnya.