KUA Banyuasin III, Gelar Manasik Haji

Banyuasin – KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, melaksanakan manasik haji di Masjid Nurul Ikhwan kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III. Adapun kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Kantor Kemenag Banyuasin beserta Kepala KUA dan staf. Rabu (4/7).

H. Abadil, S.Ag,. M.Si, Kepala Kemenag Banyuasin mengatakan bahwa kegaiatan manasik haji ini dibagi dalam 4 zona yaitu : Kecamatan Banyuasin III zona 1 meliputi Kecamatan Rantau Bayur dan Suak Tapeh, Kecamatan Betung zona 2 meliputi Tungkal Ilir dan Pulau Rimau, Kecamatan Sembawa zona 3 meliputi Talang Kelapa, Kecamatan Banyuasin I zona 4 meliputi Kecamatan Makarti Jaya, Muara Padang, Air Saleh, Tungkal ilir, Rambutan, Muara Sugihan, Sumber Marga telang dan Air Kumbang.”kami berharap kegiatan manasik ini berjalan dengan lancar dan sukses,”Ujarnya.

Nanang Suherman S.Ag, Kepala KUA Banyuasin III mengatakan,” pihaknya sudah menjadwalkan pelaksanaan kegiatan manasik haji tersebut sebanyak 8 kali pertemuan dengan porsi 70% praktik dan 30% teori. Adapun tujuan dari kegiatan ini agar para jama’ah haji dapat memahami semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, baik yang berhubungan dengan rukun, wajib dan sunah haji.

“selain itu ada juga kebijakan –kebijakan pemerintah tentang teknis penyelenggaraan ibadah haji, sehingga dapat tercipta jamaah calon haji yang mandiri dalam hal pelaksanaan ibadah dan diharapkan dengan begitu maka akan terjalin kedekatan emosional antara jama’ah dengan petugas haji dan akan mempermudah mereka dalam berinteraksi hingga sampai di tanah suci nanti, disini kami juga bekerja sama dengan Puskesmas setempat dalam pembinaan kesehatan fisik jama’ah,”ujarnya