Kominfo Buka Akses Internet Desa

Air Kumbang — Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Banyuasin mengemban amanat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin sebagai corong Informasi dan komunikasi secara cepat, terbuka, dan transparan. Hal ini diungkapkan Plt. Kadis Kominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Desa Cinta Manis Baru Kec. Air Kumbang, Selasa (21/02/17).

Selanjutnya, Kadis Kominfo menjelaskan beberapa program dan rencana kerja Pemkab Banyuasin Tahun 2017 di bidang komunikasi dan informatika. ” Di tahun ini, sesuai arahan plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM., Pemkab Banyuasin melalui diskominfo membuat program bidang komunikasi dan informatika yang dapat menyentuh langsung di tingkat kecamatan, diantaranya pembangunan jaringan infrastruktur internet kecamatan. Selain itu Pemkab akan melakukan pembekalan terhadap aparatur desa dalam pengelolaan website. ” ujar pria lulusan Magister Unsri itu.

Lebih jauh lagi Kadis kominfo menghimbau agar kecamatan dan desa yang telah dapat mengakses internet, agar dapat memaksimalkan penggunaan internet untuk pelayanan umum terhadap warga, sekaligus menjadi penunjang kinerja aparatur desa dan kecamatan.  “Disampaikan pula pihak desa dan kecamatan agar segera membuat usulan-usulan mengenai bidang komunikasi dan informatika untuk dapat diverifikasi skala prioritasnya. Mudah-mudahan dapat menjangkau seluruh desa dan kecamatan” lanjutnya

Selain infrastruktur internet, Erwin juga memaparkan tentang pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang akan dibentuk di tingkat kecamatan dan desa sehingga akses informasi dan komunikasi dapat terselenggara dengan cepat dan tepat sasaran. “Informasi-informasi itu bisa kita kumpulkan dalam bentuk dokumen profil kecamatan, dan potensi desa. Disamping itu, opini dan isu hangat di desa dapat kita serap dengan mudah ” jelas nya lagi.

Dalam kesempatan itu, Kadiskominfo mengingatkan kepada peserta tentang pelaksanaan serentak e-voting pemilihan kades tahun 2017 yang direncanakan perhelatannya pada bulan Agustus 2017. ” Mengulang sukses Pemkab Banyuasin di tahun 2016, kami (diskominfo) bersama Dinas PMD ingin memyampaikan, suatu kebanggaan bagi kami jika dapat melaksanakan lagi E-voting serentak. Dan yang lebih membanggakan lagi akan dihadiri oleh Mentri Kominfo ” pungkas Erwin.

Acara Musrenbang tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Air Kumbang Saleh Sediana, S.Pd., SP. Hadir pula Anggota DPRD Kab. Banyuasin, Kapolsek Mariana, Danramil Mariana, Bappeda Litbang, Dinas PMD, Dinas PU, Dinas Perumahan dan Pemukiman, seluruh Kades di Kec. Air Kumbang, dan puluhan warga air kumbang. (*Kominfo*)