KIM Sembawa dan Talang Kelapa Dibentuk, Kadiskominfo : ” KIM sebagai agen Informasi Pemerintah”.

SEMBAWA — Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mutlak diperlukan. Sebagai agen informasi di tingkat bawah, KIM menjadi wadah agar masyarakat merasa memiliki dan bisa membantu penyebarluasan informasi, secara mandiri dan kreatif.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membentuk KIM Kecamatan Sembawa dan Talang Kelapa di Aula Kantor Camat Sembawa, Kamis (27/05).

Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM yang diwakili Kadiskominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA secara resmi membuka Acara Pembentukan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Sembawa dan Talang Kelapa.

Dikatakan Erwin Ibrahim,  kehadiran KIM  menjadi ruang publik yang secara formal berperan dalam memenuhi distribusi informasi, wahana kegiatan komunikasi bagi kalangan akar rumput untuk membahas berbagai informasi  warga sekaligus umpan balik  yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Setiap KIM yang telah maju dan berkembang harus bisa memberikan infomasi kepada kelompok lainnya. Tentunya pemberian informasi ini dapat disalurkan melalui jaringan masing-masing KIM.” kata Erwin membacakan arahan Bupati Banyuasin.

“Kebutuhan informasi menjadi sangat pokok. Jadi, KIM menjadi agen informasi bagi pemerintah.” jelas Erwin

Camat Sembawa Nurlaila, S.Sos., M.Si mengatakan menyambut baik terbentuknya KIM Kecamatan Sembawa dan Kecamatan Talang Kelapa. “Kita merindukan nuansa seperti jaman dulu, nuansa dialog antara masyarakat dan pemerintah. Nah sekarang, masyarakat sudah terwadahi dalam kelompok masyarakat” ungkapnya

Sementara, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Riduan, SKM., sudah menjadi tugas Pemerintah untuk memfasilitasi adanya Kelompok Informasi Masyarakat. “Dinas Kominfo memiliki peranan menfasilitasi dalam segi kelembagaannya. Kemudian kita lakukan pengembangan bidang unggulannya dengan memberdayakan kelompok-kelompok yang sudah ada.” jelas Riduan

“Yang dimaksud kelompok-kelompok di masyarakat, misalnya kelompok petani, peternak, IT, seni budaya, olahraga, dan lain sebagainya. Bagaimana kelompok-kelompok yang ada itu kita berdayakan, itu nantinya menjadi agen informasi,” lanjut Riduan lagi.

Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat diisi dengan kegiatan Diseminasi informasi, yang dilakukan oleh Ketua KIM Kabupaten Banyuasin H. Rustam Darmawan, M.Si sebagai narasumber. Sebelumnya, Kelompok Informasi Masyarakat sudah dibentuk di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin, seperti Kecamatan Banyuasin II, Muara Telang, Air Salek, Betung.

(Kominfo/PKP)