KELOMPOK 210, MARI MENGENAL LINGKUNGAN RUMAH DAN MASAKAN SEHAT

PANGKALAN BALAI — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) menggelar acara “Nutri Food Fair” Lomba memasak makanan sehat antar RT yang bertempat di Posko 210 KKN UMP Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Minggu (18/02).

Lomba tersebut diikuti 12 pasang suami – istri dari 06 RT yang ada di Desa Talang Ipuh dan setiap RT ada dua pasang suami – istri yang dikirim untuk mewakil RT nya, Terlihat dari pantauan para peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut.

Ketua Posko 210 KKN UMP Rohmanul Arif saat dibincangi mengungkapkan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memasak misalnya tidak boleh menggunakan penyedap, tidak menggunakan bahan kimia buatan, higienis, sehat, serta tidak boleh memasak beras. Hal itu merupakan kriteria penilaian sekaligus untuk mendekatkan masyarakat dengan diversifikasi pangan.

“Selain itu juga agar masyarakat lebih dekat dengan diversifikasi bahan pangan, karena dalam kompetisi “Nutri Food Fair” tidak diperkenankan menggunakan bahan baku dari beras”. Jelasnya.

Acara “Nutri Food Fair”, lanjut Arif, diharapkan dapat menjadi edukasi bagi ibu-ibu yang lain agar dapat lebih memperhatikan gizi pada makanan teruma dari segi kebersihan dan kesehatan yang disajikan untuk keluarga.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk tali persaudaraan, silaturahmi antar warga dan kami sendiri.

“Luar biasa antusias warga sangat tinggi mengikuti kegiatan ini terlihat setiap RT mengirimkan perwakilan, tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah desa dalam hal ini pak Kades Ardina yang sudah memberikan dukungan sehingga semua kegiatan kami dapat berjalan lancar juga meriah” jelasnya.

Sebelumnya para mahasiswa sudah melakukan sosialisasi rumah sehat, mendatangi rumah warga dengan menjelaskan seperti apa kriteria rumah sehat. Sosialisasi diharap memberikan pengaruh positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat dengan keberadaan mahasiswa KKN.

Sementara Kades Talang Ipuh Ardina, mendukung sepenuhnya kegiatan yang diadakan mahasiswa, ilmu yang dimiliki mahasiswa KKN diharapkan dapat ditularkan ke masyarakat.

“Kami pemerintah desa mendukung sepenuhnya kegiatan yang diadakan adik – adik mahasiswa, nantinya implementasinya bisa memberikan pembelajaran bagi masyarakat mungkin selama ini pola masaknya salah atau keliru bisa di perbaiki terciptalah masakan bergizi,” jelas nya

Semoga semua hal positif yang sudah ditularkan, menjadi kenangan berkesan dan hal berkelanjutan di laksanakan oleh warga.