Kecamatan Desa Purwosari Giat Budidayakan Ikan Gurami

budidaya-ikan-gurame-di-kolam-semen-600x450Banyuasin –  Masyarakat Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, mulai menerapkan budidaya ikan gurami. Perawatan ikan gurami ini sangat mudah dan harga jualnya cukup tinggi di pasaran, sehingga mulai banyak dikembangkan masyarakat untuk menambah pendapatan walaupun masih skala kecil.

Warga Desa Purwosari Sudarno mengatakan, budidaya ikan gurami cukup menjanjikan walau masih terbilang baru. Namun sudah banyak mencoba dengan skala kecil dari rumah kerumah dengan menggunakan kolam plastik, misalnya di halaman atau di tanah kosong.

“Setiap warga banyak membuat kolam di halaman rumah masing-masing agar mudah perawatannya dan aman dari pencurian maupun tindak kejahatan lainnya. Kami menerapkan budidaya ikan ini dikarenakan pemasarannya sangat mudah dan harganya juga cukup tinggi, sehingga kami berkeinginan untuk mencoba membudidayakan walaupun masih dalam skala kecil,” jelasnya.

“Di balik itu juga budidaya ikan gurami ini belum dilakukan secara khusus untuk menekuninya, dikarenakan proses pembesaran yang cukup lama sehingga menjadi usaha sampingan,” ungkapnya.

Kepala Desa Purwosari Edi Lasiran membenarkan, kalau warganya saat ini sedang giat  membuat tambak tanah maupun terpal. Namun banyak ikan yang dirawat kebanyakan ikan gurami, dikarenakanmudah dirawat,” katanya.

Beliau sangat mendukung upaya dari masyarakat untuk membudidayakan ikan gurami walaupun masih sedikit, tapi lama kelamaan akan menjadi besar jika dilakukan bersungguh-sungguh.