IWO Banyuasin terbentuk, Pemkab Harapkan Partisipasi Aktif Tangkal Berita Hoax

PANGKALAN BALAI — Sejumlah Wartawan Media Online Kabupaten Banyuasin mendirikan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Banyuasin.  IWO merupakan Salah satu organisasi profesi wartawan di Indonesia yang baru-baru ini dikukuhkan di Provinsi Sumsel. 

Hasil pengukuhan itu, memberikan mandat kepada para wartawan online di daerah agar melakukan pembentukan pengurus IWO di Kabupaten Banyuasin.

Para pewarta nedia online sepakat mengadakan rapat khusus yang dihadiri seluruh awak media online di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin, Rabu (13/9).

Dalam surat mandat yang diberika DPW IWO Sumsel ada empat nama yang dicalonkan menjadi Ketua IWO Banyuasin. Mereka adalah Azis Azwar (Sumsel Update.com), Depri ( Online tribun), Topik Istora (Halosumsel.com), Mewan (beritasatu.com).

Setelah melakukan musyawarah serta jajak pendapat yang cukup ulet, wartawan yang hadir sangat mendukung Aziz Azwar sebagai Ketua IWO Banyuasin.

Dalam kesempatannya Aziz Azwar sebagai Ketua IWO di Kabupaten Banyuasin memaparkan bahwa IWO merupakan salah satu bagian dari organisasi profesi di Indonesia yang selalu terus membina diri mengembangkan kemandirian.

“IWO bertujuan untuk menghimpun dan membina para wartawan online agar menjadi wartawan yang senantiasa menghargai nilai budaya jurnalistik dari para pejuang kemerdekan serta menjadikan anggotanya menjadi warga negara Indenesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, setia dan Patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi Pandu Ibu Pertiwi, mengamalkan dan mengamankan Pancasila,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA mengharapkan IWO dapat menjadi wadah saling berbagi informasi, pengetahuan dan membantu penyelesaian masalah didalam memberikan desiminasi informasi yg baik dan edukatif. “Saling chek in recheck jika ada informasi yg diragukan kebenarannya atau hoax” kata Erwin

Peran serta media siber/media online sudah sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat saya harap organisasi ini membantu pemerintah didalam menghilangkan hoax dan informasi menebar kebencian” pungkas Erwin.

Seperti diketahui, Ikatan Wartawan Online (IWO) dideklarasikan pada 8 Agustus 2012 oleh Ketua Umum Pengurus pusat IWO Kresna Budhi Chandra dari Jurnalfoto.com

(Diskominfo/PKP)