H-7, Pilkades E-Voting Siap Digelar.

PANGKALAN BALAI — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara Elektronik 16 November mendatang siap dilaksanakan. Hali ini terungkap dari Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkades e-Voting yang diselenggarakan di Ruang Kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kamis (9/11).

Plt. Kadis Kominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA yang memimpin rapat memgatakan persiapan sudah mencapai 90 (sembilan puluh) persen, seperti persiapan alat, persiapan tim teknis, dan persiapan transportasi.

Ini merupakan gelaran kedua kalinya bagi Kabupaten Banyuasini, setelah sebelumnya di tahun 2015 Pemkab Banyuasin sukses menyelenggarakan Pilkades e-Voting dengan melibatkan 160 desa secara serentak bergelombang. Hasilnya Banyuasin mendapat Rekor Muri” ungkap Plt. Kadiskominfo

Tahun 2017, pelaksanaan Pilkades e-Voting dilaksanakan secara serentak di 48 Desa tanggal 16 November 2017. “Kali ini melibatkan 156 tim teknis yang berasal dari Dinas Kominfo, Dinas PMD, Dinas DukCapil,  dan Dinas Pendikan. Untuk Tim Teknis terbagi menjadi Tim Teknis Inti, Koordinator Lapangan, dan Tim Teknis Lapangan” kata Erwin

Ke-156 Tim Teknis akan bertugas selama 3(tiga) hari dan direncanakan berangkat ke masing-masing desa sejak tanggal 14 November hingga tanggal 16 November. “Tim teknis akan diberangkatkan pada tanggal 14 Nanti, esoknya tim teknis akan melakukan simulasi e-voting kepada para pemilih.” lanjutnya lagi

Beberapa utusan daerah akan melakukan kunjungan ke Banyuasin untuk melihat proses pilkades e-voting secara serentak ini.  “Ada beberapa daerah yang sudah konfirmasi untuk hadir ke Banyuasin seperti, Bogor, Prov. Jawa Timur, Belitung, Probolinggo, Rokan Hulu, dan Kabupaten se-Sumsel. Sementara dari pusat yaitu Kemendagri, KemenPAN, Kemenkominfo” jelas Alumni Universitas Utara Malaysia ini.

“Semua persiapan sudah hampir rampung, tinggal menunggu Hari Pelaksanaan E-Voting saja. Jadi, diharapkan kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri pada pemilihan 16 November nanti” pungkas Erwin.

Rapat dipimpin Plt. Kadiskominfo, dihadiri utusan Dinas PMD, Dinas Dukcapil, para Kabid di Diskominfo, Esselon IV Diskominfo. (Diskominfo/PKP)