Lestarikan Budaya Lokal, Pemkab Gelar Pertunjukan Budaya 2 kali Sebulan

PANGKALAN BALAI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menggelar acara Gelar Budaya Daerah yang merupakan kegiatan pertunjukan budaya lokal Banyuasin. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan dan kesenian Banyuasin dengan menyasar generasi muda.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH diwakili Pj. Sekda Drs. HM. Yusuf, M.Si membuka secara resmi acara yang berlangsung di Alun-alun Kota Pangkalan Balai, Sabtu malam (20/07) ini.

“Seluruh kegiatan yang ditampilkan merupakan upaya untuk melestarikan, mengembangkan, sekaligus mengenalkan budaya dan seni Banyuasin kepada masyarakat setempat maupun ke masyarakat luas,” kata Yusuf dalam sambutannya mewakili Bupati Banyuasin

Penyelenggaraan Gelar Budaya ini, lanjutnya, merupakan media bagi seniman untuk menampilkan kreatifitasnya. Selain itu dirinya menyebut masyarakat juga diberi kesempatan untuk menikmati dan memberi masukan.

Yusuf juga berpesan agar masyarakat Banyuasin bisa menyalurkan bakatnya di sini serta turut melestarikan seni dan budaya Banyuasin untuk mendukung program Banyuasin Bangkit.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kabid Budaya Raden Gunawan mengajak siapapun yg memiliki bakat seni, group band, sanggar tari, qasidah, rebana, nasyid, singel song dll silahkan mendaftar ke dinas pendidikan dan kebudayaan, untuk dapat menunjukkan kemampuannya.

“Kegiatan ini dari masyarakat untuk masyarakat. Pemkab Banyuasin melalui Disdikbud menfasilitasi setiap malam minggu, dua kali sebulan, gratis,” kata Raden Gun

Sementara, Erika, salah satu warga mengapresiasi kegiatan ini. Dirinya berharap dengan penyelenggaraan kegiatan Gelar Budaya ini membuat generasi muda semakin tertarik dan tidak melupakan budaya.

Gelar budaya menampilkan Sanggar seni Sedulang setudung, Sanggar bunga serumpun, Sanggar SMP N 1 BA III, sanggar SMA N 1 BA III, The Email production, Editional Band, Jasikin Band

(Diskominfo/PKP)