DISKOMINFO TEKEN KERJASAMA DENGAN PIMPINAN MEDIA

 

Pangkalan Balai — Sebanyak 83 Pimpinan Media memenuhi Ruang Rapat Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin. Ke 83 Pimpinan media yang terdiri dari 14 Pimpinan media harian, 38 Pimpinan media mingguan bulanan, 25 Pimpinan media online, 3 Pimpinan radio, dan 3 Pimpinan televisi bersama-sama Pemkab Banyuasin melalui Dinas Kominfo melakukan kesepakatan kerjasama publikasi, Senin (13/3) kemarin

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA melalui Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Riduan, SKM memimpin penandatanganan kerjasama publikasi bersama Pimpinan media. Secara simbolis penandatanganan dilakukan bersama Pimpinan Tribunsumsel, pimpinan Harian Banyuasin, Pimpinan Media Online Detik Sumsel, Pimpinan Radio SIP FM dihadapan puluhan awak media.

Didampingi Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Andi Wijaya, SH., M.Si, dan Kasi Kelompok Komunikasi Publik Titin Yariyanti, S.Pd., M.Si., Riduan mengatakan dilakukannya kerjasama ini karna telah terjalinnya komunikasi harmonis antara Pemkab Banyuasin dan Insan Pers yang bekerja di wilayah Banyuasin.

Pemkab Banyuasin melalui Diskominfo berkomitmen merangkul semua Insan Pers dalam Kabupaten Banyuasin meskipun dengan keterbatasan anggaran yang ada. Media yang diakomodir oleh Pemkab Banyuasin adalah Perusahaan media yang badan hukumnya secara khusus bergerak dibidang pers. “Jadi, yang tidak berbadan hukum Perusahaan pers untuk tahun ini tidak dapat kami penuhi. Sampai pers yang bersangkutan dapat mengubah badan hukumnya” jelas Riduan didepan media

Kesepakatan kerjasama ini merupakan upaya kerjasama pemberitaan dan publikasi pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam membangun citra positif, dan memberikan kontrol sosial budaya terhadap Pemkab Banyuasin.

” Kedepan, diharapkan kerjasama pihak media untuk mempublikasikan kinerja pemerintah Kabupaten Banyuasin. Namun demikian kritik terhadap terhadap pembangunan tetap perlu dilakukan, tentunya melalui pemberitaan yang berimbang dan komprehensif ” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, ia menjelaskan tidak hanya bekerjasama melalui kegiatan publikasi, Diskominfo akan membangun Media Center yang representatif bagi para awak media, “Nanti nya media center ini diharapkan mampu menunjang kinerja wartawan di Banyuasin, kita lengkapi dengan fasilitas internet, AC, makan minum, dan akan dibuka 24 jam” jelas Riduan.

Sementara itu Kasi Kemitraan Komunikasi Publik mengatakan pihaknya telah bekerja merampungkan proses pendataan jumlah media yang memasukkan penawaran kerjasama dengan Dinas Kominfo. “Penerimaan berkas sudah ditutup sejak Januari lalu, dan tahapan verifikasi telah diselesaikan, beberapa media yang telah lengkap berkasnya telah kami ajak kerja sama Publikasi kegiatan Pemda beberapa waktu lalu ” ujar Andi Wijaya

Selanjutnya dilakukan tahapan negosiasi antara Pemkab dan Pihak Media. “Negosiasi ini sangat penting, penawaran media yang masuk, kita lakukan negosiasi harga. Ini mengikat dalam satu tahun anggaran ke depan” lanjut mantan Kasubbag Pemberitaan dan Dokumentasi ini.

Untuk kemudahan dalam berkomunikasi, Diskominfo telah membuat Grup Media Sosial yang mengakomodir seluruh awak media. “Kita sudah membuat grup medsos, misalnya WA, yang menghimpun seluruh awak media di Kab. Banyuasin, sehingga terjalin komunikasi dan informasi yang cepat dan akurat” pungkas nya.

Kebijakan Dinas Kominfo ini mendapat apresiasi tersendiri bagi para awak media, dengan harapan akan terjalin kerja sama yang baik antara Pers dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. “Selain bekerjasama dalam advertorial, diharapkan Pemkab dapat membuka tangan seluas-luasnya, dengan mengadakan Kegiatan yang akan semakin mempererat silaturahmi antara Pers dan Pemkab, salah satunya dengan kegiatan gathering” ujar Saryanto Ketua PWI Kab. Banyuasin.

Sebelumnya, dilakukan Rapat Pengenalan dan Pemaparan Kegiatan Publikasi yang dihadiri oleh Ketua PWI Kab. Banyuasin Saryanto, Sekjen PWI Waluyo, Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI Prov Sumsel, sejumlah wartawan Harian, Mingguan, Bulanan, Media Online, Media Televisi, dan Media Radio.

Hadir dalam penandatanganan kerjasama media, Para Kabid pada Diskominfo Kab. Banyuasin, Ketua PWI Kab. Banyuasin, Pimpinan Tribunsumsel, pimpinan Harian Banyuasin, Pimpinan Media Online Detik Sumsel, Pimpinan Radio SIP FM, dan pimpinan media cetak, elektronik, dan media online lainnya. (.)