Diskominfo Banyuasin Siap Selenggarakan Rakortek LPSE se Sumsel.

PANGKALAN BALAI —- Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Banyuasin mendapat kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumsel. Kunjungan Diskominfo Prov. Sumsel ini dalam rangka monitoring lpse se Sumatera Selatan. Rombongan yang dipimpin Tetra Riani, S.Kom, MT (Kasi Pengembangan Aplikasi),  dan Patricia Yulia Sitinjak (Kasi Tata Kelola e-Government) diterima langsung oleh  Plt. Kepala Dinas Kominfo Kab. Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA di Ruang Kerja Kadiskominfo, Jumat (24/4).

Pimpinan rombongan Diskominfo Prov. Sumsel sempat memuji keberadaan Kantor Diskominfo Banyuasin yang sangat representatif dan bagus. “Kantornya bagus pak Erwin, ruang kerjanya pun nyaman. Sepertinya lebih bagus dari ruang kerja Pak Farhat (Kadiskominfo Prov. Sumsel)” ungkap Tetra memuji dihadapan Kadiskominfo Banyuasin.
Kunjungan yang berlangsung akrab dan hangat ini membahas beberapa persoalan dibidang komunikasi dan informatika, termasuk persoalan Infrastruktur jaringan, pengembangan aplikasi, tata kelola e-gov, dan LPSE. “Kami datang dalam rangka monitoring LPSE., juga ingin berdiskusi tentang penyelenggaraan urusan komunikasi dan informatika di banyuasin. Sekalian membahas rencana rakortek LPSE se Sumsel.” jelas Tetra.

Sementara Erwin Ibrahim yang didampingi Kabid Layanan e-Government Libriliana, M.Kom.,  Kasi Tata Kelola e-Government Lisa Octaria, ST., dan Kasi Infrastruktur TIK Gusti, S.Kom, MM menjelaskan Diskominfo Banyuasin telah menjadi rujukan bagi kabupaten kota se Sumsel untuk dijadikan tempat studi banding. “Dalam tiga bulan terakhir, sudah beberapa daerah di Sumsel belajar ke Banyuasin, mulai dari studi tentang Struktur Organisasi, hingga ke Program dan Kegiatan organisasi” kata Erwin.

Erwin berharap kedepan kinerja Kominfo se Sumsel dapat menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia. “Propinsi harusnya menjadi rujukan kabupaten kota lain. Kabupaten kota banyak berharap dengan propinsi, jika perlu diadakan pertemuan secara rutin antara propinsi dan seluruh kabupaten kota” sambungnya

“Pembenahan masterplan infrastruktur harus disegerakan. Dipetakan ditiap opd, pake citra satelit, atau menggunakan drone. Jika diperlukan menggunakan jasa konsultan. Untuk itu, Banyuasin siap membantu Propinsi Sumsel untuk memajukan peran serta Kominfo dalam pembangunan di Sumsel” pungkasnya.

Terkait kesiapan Kabupaten Banyuasin yang ditunjuk sebagai lokasi Rapat Koordinasi Teknis LPSE se Sumsel yang bakal digelar tanggal 17-18 April 2017 nanti, Kabid Layanan E-Government menyatakan kesiapannya dan berharap penyelenggaraannya dapat berlangsung sukses dan lancar. “rapat ini dalam upaya merealisasikan good governance pemerintah daerah melalui LPSE . Dengan demikian, proses pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efesien. Di samping itu, mengutamakan penerapan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka dan berlaku adil bagi semua pihak.” ungkap Libriliana

Kasi Tata Kelola e-Government Lisa Octaria mengatakan Dalam rapat ini juga membahas tentang isu-isu terkini terkait penguatan sistem LPSE, kelembagaan LPSE, dan keamanan jaringan internet dalam menunjang optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat. Untuk itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan inovasi pengelolaan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Rakortek ini. Untuk itu kami perlu kontribusi dari Diskominfo Prov. Sumsel” pungkas Lisa yang juga Ketua LPSE Kab. Banyuasin ini.(kominfo)