Dishubkominfo Banyuasin Mengadakan BIMTEK Pengelolaan Website Kecamatan

bimtekBanyuasin – Perkembangan teknologi informasi tidak hanya dibidang enternaintment, seperti pada perangkat-perangkat entertainment , tetapi telah mencakup berbagai segi kehidupan, termasuk di dalamnya dari segi pelayanan publik, seperti di bidang lembaga pemerintahan.

Kabupaten Banyuasin sebagai salah satu lembaga publik tentunya ingin memberikan pelayanan yang optimal. Termasuk memberikan informasi yang lebih up to date. Oleh karena itu Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kab. Banyuasin  Sukarelawan TIK yang datang langsung ke Bless Hotel Palembang . Selasa (22/11).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Dan hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banyuasin H Supriadi SE MSTr yang diwakili Sekertaris Drs Asdin, menjelaskan pengembangan sumber daya manusia yang handal dalam mengelolah TIK dan internet sanagtlah dibutuhkan di era moderen dan teknologi dewasi ini.

“ hal ini diperlukan untuk mengisi kontens membuat berita, website, agar informasi pembangunan kecamatan dapat diterima oleh masyarakat secara baik. Benar dan berimbang melalui subdomain instansi yang ada di Banyuasin. “dengan adanya bimtek ini diharapkan agar para peserta bimbing teknisi maupun menggunakan dan manfaat TIK secara cerdas, kreatif, produktif dan inivatif, juga dapat memberi edukasi kepaa masyarakat diberbagai bidang,” Harapnya.

“perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat membawa perubahan sosial di masyarakat,akses informasi juga makin cepat dan mudah didapat. Dunia virtukal yang menyajikan informasi tanpa dibatsi dimensi ruang dan waktu bisa dioptimalkan untuk peningkatan mutu pembelajaran. Adapun dampak dari perkembangan internet dapat bersifat positif dan negatif, sifat positif dapat membawa manfaat dan memberi nilai tambah sedangakn sifat negatif dapat merusak sikap dan tingkah laku yang mengarah ke tindak kejahatan dan kriminal,”jelasnya.

“kabupaten Banyuasin tidak berbeda dengan kabupaten lain dimana peran teknologi informatika dan komunikasi (TIK) mulai menjadi suatu hal yang penting. Ada sebuah hipotesa mengatakan bahwa pemanfaat TIK dapat meningkatkan daya saing suatu daerah, khususnya kecamatan yang akhirnya dapat membuat rakyat sejahtera,”ungkapnya.

Lanjutnya pengembangan infrastruktur Kab. Banyuasin dimulai pada tahun 2009, pada saat itu Pemkab Banyuasin membangun infrastruktur jaringan data utama (Backbone) bagi terhubungannya akses data antara satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam komplek perkantoran Pemkab yaitu pembangunan jaringan LAN dengan menggunakan kabel fiber Optik (FO) yang disertai dengan pembangunan data center sebagai basis pemprosesan data yang dibutuhkan Pemkab Banyuasin dan ditempatkan di kantor Bupati Banyuasin.

“untuk koneksi jaringan data ke Kecamatan digunakan media Radio wireless dikarenakan letak Kecamatan yang jauh dari komplek perkantoran Pemkab Banyuasin. dengan adanya Website Kecamatan di Kab. Banyuasin ini diharapkan memberikan dampak positif kepaa masyarakat di Kab. Banyuasin sehingga dapat menjadikan masyarakat kecamata yang inovatif, cerdas, kreatif dan produkti yang mampu menyeimbangkan informasi guna mewujudkan kestabilan pemerintahan dan pembangunan,” Pungkasnya.