Detik Sumsel Puji Prestasi Banyuasin Masuk 25 Besar Smart City Tingkat Nasional

PALEMBANG — Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin masuk 25 besar nasional Smart City mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, tak terkecuali Media Online Detik Sumsel. Hal ini terungkap saat penganugerahan penghargaan yang diberikan Media Online Detik Sumsel pada Peresmian Kantor Baru Media Online Detik Sumsel di Palembang, (07/10).

Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM yang diwakili Kadis Kominfo Erwin Ibrahim ST MM MBA. selain Bupati Banyuasin, penghargaan serupa dibeeikan Bupati Musi Banyuasin, dan Walikota Palembang.

“Atas nama Pemkab Banyuasin kami mengucapkan terima kasih atas suport dan apresiasi yang diberikan media online detiksumsel.” kata Kadis Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim.

Dijelaskan Erwin, Banyuasin berhasil dipilih menjadi satu dari 25 Kabupaten/Kota Program Smart City. Di Sumatera hanya ada dua Kabupaten/Kota yang masuk dalam Program Smart City yakni Banyuasin dan Kota Jambi setelah diseleksi dari 70 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dikatakan Erwin, banyak keuntungan yang didapatkan dalam menerapkan program Smart City terutama dalam memberikan informasi pembangunan dan sistem layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dengan sitem layanan berbasis TIK. Apalagi wilayah Kabupaten Banyuasin sangat luas terdiri dari 11.832,99 KM2 yang terbagi 19 Kecamatan dan 304 desa dan kelurahan.

“Dengan adanya Smart City ini, setiap kebijakan pemerintah daerah mudah terkoneksi di seluruh kecamatan dan desa, tanpa harus dilakukan secara manual. Kita juga akan meningkatkan pelayanan di bidang perizinan, sehingga tidak ada lagi pertemuan antara pemohon dan memberikan kebijakan, inilah sesungguhnya  e-Government,” katanya saat hadir dalam peresmian kantor.

Oleh sebab itu, Pemkab Banyuasin berkomitmen dan telah membentuk Dewan Smart City dalam lingkungan Kabupaten Banyuasin. Dengan dibentuknya Dewan Smart city Kabupaten Banyuasin nanti diharapkan mampu memberikan informasi yang benar dan berkelanjutan serta mampu pelayan publik yang mudah, murah, sederhana, cepat, akurat dan akuntabel.

“Melalui dewan ini, kita banyak berharap mampu memberikan kemudahan, kenyamanan dan keterbukaan informasi,”tutur Erwin.

(Diskominfo/PKP)