Dari Palembang, Api Obor Asian Games XVIII disambut Bupati Supriono

PANGKALAN BALAI — Torch Relay Asian Games XXVI melintasi Kabupaten Banyuasin pada Minggu, (5/08). Api obor Asian Games yang bakal digelar di Jakarta – Palembang ini disambut oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial Dr. HM Senen Har, M.Si di Terminal Km.12 Palembang yang selanjutnya diserahkan ke Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM di Alun-alun Kota Pangkalan Balai.

Bupati Supriono mengatakan Torch Relay keliling Indonesia ini dapat dijadikan ajang Sosialisasi Asian Games bagi masyarakat Indonesia dan juga sebagai promosi destinasi pariwisata, Seni Budaya serta Potensi – Potensi yang ada di daerah seperti Kabupaten Banyuasin.

Api ini sudah menempuh jarak India-Indonesia sepanjang 18.000 km dengan melewati 1 kota di India, 18 provinsi, 63 kota di Indonesia yang digelar 15 Juli -18 Agustus 2018. Dalam kemasan kegiatan yang disebut Torch Relay, api abadi akan keliling di Sumsel dari kota Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI) menuju Lampung.

Serah terima Torch Relay ASIAN GAMES XVIII Tahun 2018 dari Pemerintah Kota Palembang ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin tepatnya di KM 12 pada Tanggal 5 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB.

Setibanya di Gerbang Komplek Perkantoran, Api Obor diarak menuju ke Taman Kota Pangkalan Balai dengan berlari bersama Tim Torch Bearer/Pembawa Obor dan Tim Torch Relay ASIAN GAMES XVIII menuju Taman Kota Pangkalan Balai dan disambut Oleh Bupati Banyuasin dengan penampilan seni dan budaya oleh Pemerintah Kabupaten Banyasin.

Selesai Acara Ceremonial ditaman Kota Pangkalan Balai, Api Obor ASIAN GAMES XVIII diarak oleh Tim Torch Bearer melintasi Kota Pangkalan Balai sampai Kelurahan Seterio dengan membentangkan bendera Asian Games XVIII Sepanjang 4 KM.

“Kegiatan estafet api obor keliling Indonesia ini sebagai simbol pertemanan dan semangat Asian Games 2018 di seluruh penjuru Indonesia. Semoga Dengan Kegiatan ini Potensi yang ada di Kabupaten Banyuasin Baik di sektor Pariwisata dan olahraga semakin dikenal baik nasional maupun internasional”, tegas Supriono

Torch Bearer Pertama (Gerbang Pemkab Banyuasin KM 42 Kayuara Kuning – Masjid Kelurahaan Mulia Agung )
Marwan (Atlet Lari Peraih Medali Emas Kejurnas). Dilanjutkan Torch Bearer Kedua (Masjid Kelurahaan Mulia Agung – Taman Kota Pangkalan Balai )
Sutina, S.Pd (Atlet Lari Peraih Medali Emas Kejurnas).

Rute Pengarakan Thinder (Api) Obor Asian Games Di Kabupaten Banyuasin : Gerbang Pemkab Banyuasin KM 42 Kayuara Kuning – Masjid Kelurahaan Mulia Agung – Taman Kota Pangkalan Balai – SPBU Pangkalan Balai – BPR Rarat Ganda Pangkalan Balai – Simpang Lubuk Saung – Simpang Kedondong – Simpang Suak Barah – Desa Seterio – RSUD Kabupaten Banyuasin – Gerbang Pemkab Banyuasin Desa Seterio – Tim Torch Relay Kabupaten Banyuasin menaiki kendaraan menuju ke Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin untuk menyerahkan Api Obor Asian Games XVII Ke Etape selanjutnya .

Sebelumnya api ini sudah melintasi beberapa Provinsi di Indonesia yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Pekanbaru, dan Jambi.

Acara yang dihadiri Unsur FKPD Kabupaten Banyuasin, Ketua Tim INASGOC Torch Relay, Kepala OPD Kabupaten Banyuasin, Tim Torch Relay Asian Games XVIII serta seluruh lapisan masyarakat mulai Dari anak tingkat TK SD SMA serta warga Kabupaten Banyuasin yang sangat Antusias dengan penyambutan ini.

Berikut nama-nama pembawa obor
Penyerahan Thinder (Api) dari Kabupaten Banyuasin Ke Kabupaten Musi Banyuasin
(Sekdis Disdikporapar Kab. Banyuasin – Sekdis Disporapar Kabupaten Musi Banyuasin)

TORCH BEARER
1.MARWAN (ATLET ATLETIK)
2.RIKKI (ATLET ATLETIK)
3.FAJARUDIN (ATLET ATLETIK)
4.M.RIZKY (ATLET ATLETIK)
5.A.KADIR SANI (ATLET ATLETIK)
6.SUTINAH (ATLET ATLETIK)
7.APITA MARELI (ATLET ATLETIK)
8.TISKA APINI (ATLET ATLETIK)
9.NURUL ATIKA (ATLET ATLETIK)
10.LILIS (ATLET ATLETIK)

TORCH GUARD/ PELARI PENDAMPING
1.Sertu. M. Teguh (Koramil 430-01 / Pangkalan Balai)
2.Koptu. Fernizal (Koramil 430-02 / Sungsang)
3.Serda. Sutono (Koramil 430-03/ Mariana)
4.Serda. Yusnir (Koramil 430-04/ Talang Kelapa)
5.Serda. Rizal Fahlevi (Koramil 430-05/ Betung)
6.Bribda. Akmal Setiaji (Polres Banyuasin)
7.Brida. Diko (Polres Banyuasin)
8.Bribda. Yan Bagusra (Polres Banyuasin)
9.Bripka.Sutaqim Hadi (Polres Banyuasin)
10.Brida. Fikri Adeska (Polres Banyuasin)

(Diskominfo/Io)