DAK Minim, Disdikbud Gelar Bimtek Dapodik

Banyuasin – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Banyuasin mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) data pokok pendidikan (Dapodik) dan pembinaan perbaikan data sekolah, puluhan kepala sekolah dan operator sekolah se Kecamatan Banyuasin III dan Kecamatan Rantau Banyuar  di Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan ini dipusatkan di Sekolah Dasar (SDN) 1 Banyuasin III, mengundang Kepala SD dan kepala SMP di dua Kecamatan guna penjelasan tentang pentingnya aplikasi Dapodik di Sekolah karena berkaitan dengan bantuan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Drs. M. Yusuf, M. Si yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Banyuasin Agus Suherwan mengatakan bahwa, pembenahan Dapodik di sekolah, yang berkaitan dengan data sarana dan prasarana di satuan pendidikan di Kabupaten Banyuasin. Dapodik ini merupakan persoalan yang penting di satuan pendidikan karena semua data sekolah terfokus di Dapodik, bahkan sudah menjadi pusat data satanu pendidikan di tingkat SD dan tingkat SMPsehingga semua Dapodik sekolah harus benar dan akurat.

“Dapodik sangat berpengaruh terhadap mutu satuan pendidikan bila dapodik sudah akurat dan tidak bermasalah berdampak terhadap mutu pendidikan. Lantaran dapodik sekolah bermasalah tingkat penjamin mutu di Banyuasin hanya berkisar 30%. Dari itu kepala sekolah terus mengontrol operator dalam memasukan data diaplikasi dapodik.”harapanya.

“Setelah dapodik disekolah baik, tertata dan diharapkan DAK meningkat  sesuai dengan target, dikarenakan Bupati Banyuasin mentargetkan tiga tahun kedepan sarana dan prasarana semua sekolah sudah baik semua.”ungkapnya