Butuh Lahan Parkir di Pasar Kalangan Sukomoro

psarBANYUASIN,  Pasar kalangan Sukomoro yang berada di Kelurahan Sukomoro, buka setiap Selasa dan Juma’at, mendesak butuh lahan parkir khusus. Pasalnya, setiap kali pasar kalangan itu buka, pasti terjadi penumpukkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sehingga membuat lajur jalan menuju ke SMA N 1 Talang Kelapa tersebut, menjadi macet.

Hal ini dikeluhkan oleh warga setempat. Seperti yang dikatakan Lena (29) warga Kelurahan Sukomoro. Setiap kali dia melintas di jalan pasar kalangan tersebut, pasti laju sepeda motornya tersendat.

“Setiap kali saya berangkat kerja, pasti macet. Karena sepeda motor dan mobil numpuk terparkir di bagian kiri dan kanan jalan. Sehingga membuat badan jalan menyempit, dan kendaraan yang melintas jadi tergangu,” jelasnya.

Menurutnya, pemerintah atau pihak pasar kalangan Sukomoro, harus menyediakan lahan parkir khusus untuk kendaraan pedagang dan pengunjung.

“Kalau tidak ada lahan parkir sendiri, maka kondisinya pasti selalu macet. Karena pasar kalangan ini selalu ramai setiap kali dia buka,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Banyuasin M Yusuf, membenarkan jika pasar Sukomoro saat ini belum memiliki lahan parkir, dan mengandalkan badan jalan serta halaman rumah warga.

“Karena memang tidak ada lahannya, hanya mengandalkan halaman rumah warga. Jadi wajar kalau kendaraan terlihat menumpuk,” katanya.

Selain itu, pasar kalangan Sukomoro juga hanya pasar tradisional, jadi tidak dilengkapi dengan sarana lahan parkir yang memadai.

“Lain halnya dengan pasar induk seperti Betung, Sukajadi, dan Pangkalan Balai. Disana memang tersedia lahan parkira yang lumayan luas,” pungkasnya.