Bupati Supriono Sebut UNBK Tingkatkan Kualitas Ujian

PANGKALAN BALAI — Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) tingkat SMA tahun 2018 kembali dilaksanakan. Untuk memastikan kelancaran proses ujian tersebut Bupati Banyuasin  Ir. SA Supriono, MM meninjau langsung ke beberapa sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin, Selasa(10/04).

Beberapa sekolah yang dipantau antara lain SMAN I Banyuasin III, SMAN II Plus Banyuasin III dan MAN I. “Kami bersama-sama meninjau penyelenggaraan ujian ini untuk memastikan tidak ada kendala dalam UNBK yang dilaksanakan siswa. Saya harap semua sekolah yang melaksanakan ujian tersebut dapat berjalan aman dan lancar,” kata Supriono

Dalam kesempatan yang sama Bupati Banyuasin memerintahkan Dinas Pendidikan dan setiap sekolah yang mengikuti UNBK memastikan ketersedian sarana dan sarana berupa komputer, jaringan internet dan listrik.

“Proses ujian berbasis komputer ini bergantung kepada itu semua. Saya minta kepada pihak terkait untuk memastikan salah satu sarana ini tidak ada yang mengalami kendala maupun gangguan.” tegasnya.

Bupati juga berharap dari kegiatan UNBK ini bisa meningkatkan kualitas hasil ujian, sebab dari UNBK akan dapat menilai integritas dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal-soal. “Semakin banyaknya sekolah yang melaksankan UNBK itu artinya jaminan integritasnya semakin tinggi,karena dengan sistem komputer ini dipastikan setiap orang itu hanya mengerjakan soal yang ada dihadapannya, sehingga bisa dipastikan tidak ada kekurangan selama ujian,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMA N 1 Banyuasin III Riduan Nawawi.S.AG., M.Si, mengatakan pelaksanaan UNBK tahun ini SMA N 1 memakai 2 ruangan ujian, dengan jumlah peserta sebanyak 126 siswa MIPA dan 85 orang jurusan IPS.

“Alhamdulillah, hari pertama pelaksanaan UNBK di SMA N 1 Banyuasin berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan para peserta ujian dapat mengikuti seluruh proses ujian dengan baik sesuai dengan arahan serta mendapatkan nilai yang memuaskan nantinya”terangnya.

(Diskominfo/li)