Bupati Banyuasin Serahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan APBN Tahun 2020

PANGKALAN BALAI — Bupati H. Askolani, SH., MH Menyerahkan kepada 15 Satker DIPA Petikan APBN Tahun 2020, acara yang diselenggarakan Bappeda Litbang Kab. Banyuasin ini dilaksanakan di gedung Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (10/12).

Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Petikan APBN Tahun 2020 dari Buku Alokasi Dana Transfer ke Wilayah Sumsel serta Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) Oleh Gubernur Sumsel di Hotel Wyndam Jakabaring tanggal 18 November 2019 lalu.

Bupati H. Askolani mengatakan,
Jumlah DIPA Petikan APBN Tahun 2020 dalam Lingkup Kabupaten Banyuasin Sebesar Rp. 309.139.318.000 terdiri dari 22 DIPA yang dikelola oleh 15 Satker, Terdiri atas 14 Satker vertikal dan 1 Satker Lingkup Pemkab Banyuasin.

“Jumlah DIPA Petikan APBN Tahun 2020 jika di bandingkan tahun 2019 lalu mengalami penurunan sebesar 24,89%. Penurunan ini diharapkan tidak berdampak terhadap kinerja Karena hal ini lebih terkait dengan efesiensi dan efektivitas anggaran berdasarkan evaluasi daya serap anggaran di tahun berjalan, ” Katanya.

Lebih lanjut Askolani berharap pada satker penerima untuk segera merealisasikan pelaksanaan kegiatannya lebih awal guna menunjang daya serap Anggaran sesuai yang direncanakan.

“Penyerahan DIPA APBN Tahun 2020 ini diharapkan dapat berjalan dengan Baik mendukung Pembangunan di Kabupaten Banyuasin diharapkan dapat bersinergi dengan prioritas daerah yang disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan tertuang dalam APBD Kabupaten Banyuasin Tahun 2020, ” Lanjutnya.

Sementara itu Kaban Bappeda dan Litbang Banyuasin Erwin Ibrahim, ST.,MM.,MBA mengungkapkan, sesuai harapan Bupati Banyuasin di tahun 2020 dapat melaksanakan kebijakan fiskal baik itu monitoring level desa maupun tingkat Kecamatan dan OPD Lingkup Pemkab Banyuasin.

“Jadi ada beberapa persen yang akan kita sisihkan, tujuannya untuk meningkatkan kinerja setiap desa dan kecamatan itu akan kita berikan target sesuai dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) maupun IKK,” katanya.

Ditambahkan Erwin, dari tiga persen itu akan kita cairkan per triwulan ketiga. Apabila instansi tersebut mencapai target kinerja yang telah mereka laksanakan.

Berikut 15 penerima DIPA Satker yang menerima Pengadilan Negeri Pangkalan Balai, Kejaksaan Negeri Banyuasin, Lapas Kelas II.A Banyuasin, Balai pembibitan Ternak Unggul dan hijauan pakan Ternak Sembawa, Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa/Palembang, Kantor kementrian Agamaa Kabupaten Banyuasin, MAN 1 Banyuasin, MTS Negeri Betung BPS Kabupaten Banyuasin, Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin, SPN Polda Sumsel, Polres Banyuasin Disnakertrans Banyuasin, KPU Banyuasin.

Turut hadir Asisten III Ir. H. Babul Ibrahim Kepala KPPN Sekayu diwakili Kasi PDMS Sukri S.Sos Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Balai Yudi Noviantika, SH., MH, Kepala Lapas Kelas II.a Banyuasin Reza Yudistira Kurniawan, And IP, SH., M. Si Kepala Kemenag Banyuasin H.M Arkan Nurwahiddin, M. Pd. I Unsur Forkopimda Banyuasin.