Bupati Banyuasin Dinobatkan Sebagai The Best Leader IT 2018

Jakarta – Pemerintah Kabupaten Banyuasin kembali mendapat penghargaan tingakat nasional. Kali ini, Bupati Banyuasin H Askolani, SH,. MH. dinobatkan sebagai The Best Leader IT 2018 dari Data GovAi Award 2018, yang diselenggarakan Konsorsium ABDI (Asosiasi Big Data & AI), majalah Komite.id dan Even Organinizer SingEx pte ltd digelar di Mawar Ballroom, Balai Kartini Jakarta, Rabu (17/18) malam.

Tak hanya itu, Banyuasin juga berhasil menyabet penghargaan bergengsi lainnya. Yakni The Best IT Data Governance, yang diberikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KabupatenBanyuasin, Erwin Ibrahim ST,. MM,. MBA.

Penghargaan The Best Leader IT 2018 yang diterima Bupati Banyuasin, diserahkan langsung oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Mayjen  TNI ( Purn ) Dr. Joko Setiadi. Hadir dalam kegiatan itu

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Banyuasin Dr. HM. Senen Har S.Ip., M.Si, Staf Khusus Bupati Banyuasin Amirul, SH., MH., H. Hazuar Bidui, S.Sos., MM, Syaifuddin Zuhri, SP Serta Kadis Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA.

Menteri Kominfo RI, Rudiantara dalam sambutannya mengatakan “ bahwa pengembangan digital harus ada di setiap lini, mulai dari dunia pendidikan, dunia bisnis, dan pemerintah. Pengembangan teknologi sangat cepat, tidak akan menunggu kita, jadi pemerintah harus dapat menyesuaikan dengan ekosistem ini. Terutama mendukung usaha startup untuk mewujudkan ecommerce di ekonomi rakyat”.

Sementara itu Dirjen Inovasi kemenristek Dikti Dr. Ir. Julian Pape, M.Si ” Kominfo ikut mendukung ini dg memberikan bea siswa keseluruh masyarakat baik ASN dan non ASN setiap tahunnya, baik di universitas didalam negeri maupun keluar negeri dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi yg siap mewujudkan ekonomi digital guna mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Senada kepala badan siber dan sandi negara Mayjen TNI (Purn) Dr. Joko Setiadi berharap agar teknologi digital tetap memperhatikan kehandalan sistem dan keamanan informasi guna menjamin keberlangsungan sistem teknologi pendukung ecommerce ini. Dan semua ini tentunya dibutuhkan peranan aktif pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Bupati, usai menerima penghargaan mengaku sangat bangga dengan kemajuan IT di Banyuasin. Memang, di era digitalisasi saat ini, informasi dan teknologi sangat dibutuhkan dalam memperlancar pelayanan pemerintahan dan publik. Tentunya pihaknya akan tetap mengembangkan IT hingga ke pelosok desa.

“Penghargaan ini bukanlah mudah untuk mendapatkannya. Namun bukan pula menjadikan Banyuasin besar kepala, ini sebagai cambuk kita untuk lebih maju lagi ke depannya. Ada tantangan yang harus dibenahi, terutama untuk mengalirkan informasi hingga ke pelosok desa terpencil di Banyuasin. Terutama untuk membangun tower-tower agar sinyal ada disana,” jelas Askolani.

Memang, sejumlah daerah di Indonesia menjadikan IT Banyuasin sebagai kiblat percontohan, termasuk di Sumsel. Dirinya pun sangat bangga dan beruntung memiliki Kepala Dinas Kominfo yang handal seperti Erwin Ibrahim. Bahkan berkat kepiawaiannya, Banyuasin juga mendapatkan penghargaan kategori The Best  IT Data Governance.

“Sebuah kebahagian, terutama diawal kepemimpinan Bupati yang baru, kami sudah menerima dua buah penghargaan. Semoga ini menjadi langkah awal untuk kita mewujudkan Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,”tutupnya. (Diskominfo PKP)