Bupati Banyuasin bersama Gubernur Sumsel dan Menteri Perhubungan Sepakat selesai Masalah Infrastruktur Sungai di Banyuasin

PANGKALAN BALAI — Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Dialog Nasional ke-33 “Indonesia Maju” dengan Fokus diskusi masalah angkutan sungai di Banyuasin Acara yang Diselenggarakan di Gedung Graha Sedulang Setudung, Sabtu (17/11).

Permasalahan utama yg dihadapi adalah masalah transportasi dari dan menuju wilayah perairan. Angkutan yg digunakan selama ini adalah angkutan sungai tradisional seperti speedboat, ketek, jukung dan tongkang

Bupati Banyuasin H.Askolani, SH, MH mengatakan “Untuk itu Saya bersama pakde Slamet bertekad menyelesaikan infrastruktur jalan juga dengan bantuan dari pemerintah pusat beserta kementerian PUPR karena besar dana yang dibutuhkan untuk membangun jalan dan jembatan”, tegasnya.

Penyediaan prasarana dan sarana angkutan sungai bersama kementerian perhubungan melalui balai pengelolaan transportasi darat wilayah Sumsel sedang membangun pelabuhan penyeberangan sungai tahap satu di desa srimenanti untuk menghubungkan delta Telang dengan tanjung api-api di tanjung lago “insyaallah tahun 2019 sudah bisa di operasionalkan”, tutupnya.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru, SH,. MH mengatakan, penyelesaian bangunan pelabuhan penyeberangan di srimenanti dan telang akan dikerjakan “untuk penyelesaian saling berbagi antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten karena untuk penyelesaian pembebasan tanah melalui pemerintah kabupaten”, katanya.

“Fokus kita untuk lalulintas air pastinya dermaga harus diperbanyak di Banyuasin agar masyarakat tidak perlu datang ke Palembang mengantarkan hasil bumi hanya perlu ke dermaga – dermaga terdekat dan connecting dengan kawasan industri yang memang sudah dalam tahapan AMDAL yg berada di kecamatan sungsang”, tegasnya.

Menteri perhubungan Ir. Budi Karyo Sumadi “Saya memang minta kepada pak Gubernur karena kita ingin Banyuasin tambah maju kami ingin angkutan sungai disini bisa kita jadikan model atau contoh angkutan sungai di Indonesia bagaimana pelabuhanya, bagaimana kapalnya, agar bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari akan tetapi kegiatan ekonomi juga ada disana”, ungkapnya.

Acara ini dihadiri Ir. Budi Karyo Sumadi Menteri Perhubungan RI, Sdr. Ahmad Yani Dirjen Perhubungan Darat Diwakili Angkutan Multi Muda, H. Herman Deru, SH,. MH Gubernur Sumatra Selatan, Bupati Banyuasin H.Askolani SH, MH, H. Slamet Somosentono, SH Wakil Bupati Banyuasin,
Irian Setiawan, SH., M.si Ketua DPRD Banyuasin,  Nelson Pisdaus Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sumsel,  Fitriana PLT Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Sumsel, Drs. Ahmad Fauzi, M.si PLH Kepala Satuan POL-PP Prov. Sumsel,  Alfarizi Ojik Staf Khusus Gubernur Bidang Media, Hengky Angkasawan Kepala Biro Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Slamet Widodo Kordinator Perguruan Tinggi Sumsel
, Letkol Arh Alfian Amran, ST (Dandim 0430/Banyuasin ,AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, SIk Kapolres Banyuasin.

Diakhir acara Kementerian perhubungan memberikan Bantuan Berupa Bis Sekolah ke pemerintah Kabupaten Banyuasin.

 

(Diskominfo/PKP)