Blanko Ijazah SD Mulai Didistribusikan

Banyuasin – Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin, sudah mendistribusikan ribuan blanko ijazah untuk SD negeri maupun swasta ke koordinator wilayah (Korwil) di 19 Kecamatan. Selasa (17/7).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin Drs. H.M. Yusuf. M.Si menyatakan bahwa, blanko ijazah sudah diambil Korwil Kecamatan agar segera didistribusikan ke masing-masing sekolah penerima dan nanti akan diisi oleh pihak sekolah.

“Blanko ijazah yang didistribusikan dalam dua hari terakhir terbagi tingkat SD  ada pun tingkat SD ada dua jenis, yaitu blanko ijazah untuk kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 dan ada juga blanko ijazah kurikulum 2013 (K-13) tapi beda jumlah,”ungkapnya.

“Blanko ijazah untuk kurikulum 2016 sebanyak 15.437 persil dan K-13 sebanyak 105 persil, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya. Sesuai dengan jumlah peserta  Ujian Berstandar Nasional (USBN) yang lulus tahun 2018 dan dalam satu minggu kedepan sudah selesai diambil dan langsung diserahkan kepada masing-masing satuan pendidik di 19 Kecamatan, adapun jumlah SD penerima blanko ijazah lebih dari 500 unit baik SD negeri maupun swasta,”ujarnya.

Beliau mengatakan bahwa, penulisan nama, tempat tanggal lahir sesuai dengan akte kelahiran serta nomor induk siswa menggunakan huruf kapital. Diharapkan kepala sekolah dan petugas dalam menuliskan ijazah tidak ada kesalahan sedikit pun, dari itu beliau mengajak panitia dalam menuliskan ijazah supaya dikonsep terlebih dahulu, selanjutnya dikoreksi untuk dilakukan penulisan.

“Apabila sampai ada kesalahan sangat sulit untuk mendapatkan blanko ijazah yang baru, karena harus melalui proses panjang sehingga dapat menghambat bagi pengguna ijazah untuk mengurus perlengkapan persyaratan untuk melanjutkan sekolah baru,”jelasnya.