BKKBD Bangka Barat Studi Banding ke UPTD KB Banyuasin

kb-keluarga-berencanaPangkalan Balai– Rombongan BKKBD Kabupaten Bangka Barat, yang beranggotakan 15 orang, mengadakan kunjungan studi bandikng ke UPTD KB Banyuasin. Ternyata prestasi yang dicapai pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS)  Munai Serumpun ini, telah menyedot perhatian dari provinsi lain.

Menurut Kepala BKKBD Bangka Barat Dra Hj Yuhermi, tujuan kedatangan mereka ke Banyuasin adalah untuk memperlajari bagaimana cara mengelola PPKS dan pelayanan KB yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Selama ini di daerah kami belum berdiri PPKS, mereka memilih belajar ke Banyuasin, karena Kab. Banyuasin merupakan satu-satunya yang ada di indonesia dikelola UPTD KB.

“Selain itu, juga karena daerah ini dan pernah meraih penghargaan terbaik pertama tingkat provinsi Sumsel, dan rencanya  kita ingin  mendirikan PPKS di Kab. Bangka Barat. Dari itu, kita memilih untuk belajar terlebih dahulu,”ungkapnya.

Rombongan dari BKKBD Bangka Barat juga mengunjungi kampung KB yang ada di Sungai Rengit.

Kepala UPTD KB Kec. Banyuasin III Drs Hasan Basri MSi mengapresiasi kunjungan kerja dari BKKBD Kab. Bangka Barat. Selaku tuan rumah, ia mengaku bangga dan terhormat jika pengelolaan PPKS di kec. Banyuasin III menjadi contoh untuk daerah lain yang berada di luar Provinsi Sumsel.

Ini akan menjadi motivasi untuk mendorong kita agar berusaha lebih baik lagi. Ia menjelaskan PPKS Munai Serumpun pada tahun 2015 menjadi tebaik I tingkat Provinsi Sumsel, dan satu-satunya PPKS yang dikelola UPTD KB dan pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik tehadap aseptor dan kader, misalnya BKB, BKL, BKR dan kelompok UPPKS.

“Kita juga melayani konseling pra nikah, remaja, lansia dan KB. untuk sarana prasarana memenuhi syarat dan setiap bulannya kita mengadakan pelayanan KB gratis serta penyuluhan KB di desa,” ucapnya.