Berlangsung Khidmat, Upacara Hari Pahlawan Digelar Di Tanjung Api-Api

TANJUNG API-API — Untuk pertama kalinya Upacara Peringatan Hari Pahlawan diselenggarakan diluar Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin. Kali ini Upacara Hari Pahlawan tahun 2018 diselenggarakan di Lapangan Kantor Pelabuhan Tanjung Api-Api Desa Sungsang Kecamatan Banyuasin II, Sabtu (10/11).

Askolani selaku inspektur Upacara langsung menuju tempat upacara dan menerima laporan dari komandan upacara. Bertindak sebagai Komandan upacara Kapten Czi Muhammad Rusli dan Perwira Upacara Kapten Inf Panca Agung Putra.

Dalam amanat pidato Menteri Sosial yang dibacakan Bupati Askolani, ia menyampaikan, pesan penting dalam Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. “Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Askolani membacakan pesan Menteri Sosial

Menurut Askolani masing-masing zaman memiliki sosok pahlawan dibidang masing-masing. “Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, terlebih pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya,” lanjutnya

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Dirinya mengatakan Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 ini adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insann tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

“Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Pada akhirnya, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” pungkas Askolani

Upacara ini rutin digelar tiap tahunnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. Sebelumnya peserta upacara disuguhkan pertunjukan pencak silat dari SD Negeri 4 Banyuasin II. Setelah upacara selesai, Bupati menyerahkan Tali Asih kepada Veteran RI dan menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial.

Usai upacara, Bupati bersama Wakil Bupati didampingi pejabat Pemkab Banyuasin melakukan tabur bunga di dermaga pelabuhan tanjung api-api.

Turut hadir Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet, SH., Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH., Danlanal Palembang, Dandim 0430 Banyuasin, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Markus Pinem, S.Ik., Danyon Arhanud 12/SBP Letkol Tan Kurniawan, Pejuang veteran, pelajar SD dan SMP dan SMA dari berbagai sekolah di Banyuasin

(Diskominfo/PKP)