Berlangsung Khidmat, Supriono Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi di Banyuasin

#Hadiri Pemberian Remisi

PANGKALAN BALAI — Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin, Kamis (17/08), berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM dan Ipda Galih Putra Wiratama dari Polres Banyuasin bertindak sebagai komandan upacara.

Sebelum upacara dimulai hadirin disuguhi penampilan drama kolosal yang diperankan dari unsur Batalyon Zikon 12/KJ dan Satuan Pol PP Kabupaten Banyuasin. Drama kolosal yang menampilkan perjuangan para pejuang melawan agresi Militer Belanda ini menarik perhatian para peserta upacara, termasuk Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM.

Sebanyak 30 anggota Paskibraka yang berasal dari siswa terbaik perwakilan dari seluruh kecamatan di Banyuasin melakukan prosesi Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka. Komandan Paskibraka Benreynard Yudika Simatupang dari SMAN 1 Betung memimpin pasukan pengibar duplikat bendera pusaka memasuki lapangan upacara. Tasya Aqilah Nur Fadiah dari SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III ditunjuk sebagai pembawa baki bendara pusaka.

Plt. Bupati Banyuasin membacakan teks proklamasi, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD Banyuasin H. Agus Salam, SH. Upacara di Lapangan Kantor Bupati ini diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Para PNS, Siswa SMA, SMP, SD, Ormas.

Hadir pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi antara lain, Ketua DPRD Banyuasin H. Agus Salam, Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi, S.Ik., MH., Kajari Banyuasin La Kamis, SH., MH., Dandim 0401 Muba Banyuasi yang diwakili Perwira Penghubung, Zikon 12/KJ, Arhanud 12 SBP, Seluruh Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Sejumlah Anggota DPRD Banyuasin, Sekda Banyuasin Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat, dan para Veteran RI.

 

Supriono kepada warga binaan : “ Jadilah warga yang taat hukum”

Usai mememimpin upacara, Plt. Bupati Banyuasin menghadiri Acara Pemberian Remisi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin di Jalan Lingkar Pemkab Banyuasin.

Menurut Plt. Kalapas Kelas III Banyuasin Sugito, B.Sc., S.Ip tahun ini sebanyak 290 warga binaan mendapat remisi yang terdiri dari remisi 1 bulan hingga 5 bulan. 9 orang diantaranya mendapat remisi bebas. “Saya juga melaporkan kepada Pak Bupati, bahwa saat ini warga binaan Lapas Kelas III Banyuasin sudah dihuni lebih dari 700 orang, sementara kapasitas lapas hanya cukup menampung 445 orang” ungkap Subagio

Sementara Plt. Bupati Banyuasin mengucapkan selamat kepada para warga binaan yang mendapat remisi. Ia juga mengharapkan para warga binaan dapat memberikan kontribusi dan berperan aktif dalam pembangunan. Pemberian remisi ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban pelaksanaan program pembinaan.

“Selamat bagi yang sudah mendapat remisi, untuk yang mendapat remisi bebas saya tekankan untuk diingat bahwa saudara harus menjadi warga yang taat hukum. Saya juga berpesan agar bisa memposisikan dirinya nanti di tengah masyarakat dengan membudayakan skil yang telah dijalaninya selama berada di Lapas.” Pesan Supriono

(Kominfo/PKP)