Banyuasin Terima Penghargaan Smart City, PT Telkom Siapkan 30 Titik Wi-Fi Gratis

PALEMBANG — Sukses Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dalam penerapan Smart City kembali mendapat penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan oleh PT Telkom Indonesia di Gedung PT. Telkom witel Palembang, Selasa (5/12).

Penghargaan diserahkan oleh GM PT. Telkom witel Sumsel Syahril yang diterima Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM yang diwakili Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA.

Dikatakan Syahril, PT Telkom Indonesia memberi penghargaan untuk Kabupaten Banyuasin karena kesadaran dan komitmen Pemkab Banyuasin dalam mengimplementasikan Smart City Nusantara. “Kita memahami, saat ini, betapa pentingnya penerapan smart city atau kabupaten cerdas disuatu daerah” kata Syahril

Sebagai Apresiasi dari penghargaan tersebut, pihak Telkom Indonesia memberi aplikasi city guide kepada Pemkab Banyuasin melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata.

Aplikasi ini berupa aplikasi pendukung pariwisata kabupaten banyuasin, dan aplikasi e-pelaporan yaitu aplikasi mengenai pelaporan tentang info kejadian Banyuasin.

“Seluruh aplikasi ini bisa diunduh pada aplikasi IOS dan Android,” ujar General Manager PT. Telkom Indonesia Witel sumsel Syahrial.

“Keberhasilan Pemkab Banyuasin tidak bisa lepas dari peran warga Banyuasin itu sendiri, yang selalu mendukung dan ikut berpartisipasi dalam setiap inovasi yang dikeluarkan pemkab banyuasin” ungkap Bupati Supriono yang melalui Kadiskominfo Erwin Ibrahim

Sementara, PT Telkom berkomitmen memasang wi fi gratis untuk masyarakat Banyuasin di 30 (tiga puluh) titik. Wi-fi gratis ini untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses informasi melalui perangkat jaringan TIK .  “WiFi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Ini sebagai upaya menyukseskan program menuju Masyarakat Informasi Indonesia.” terang Erwin

Ia menjelaskan, pemasangan WiFi nantinya ditempatkan pada lokasi  tempat masyarakat banyak berkumpul dan beraktifitas baik dalam hal kegiatan perekonomian, tempat rekreasi, dan tempat publik lainnya. Karena itu, bagi masyarakat yang beraktifitas di kawasan ini bisa langsung mengakses informasi melalui media internet yang ada.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyampaikan kritik, saran dan masukan kepada Pemkab Banyuasin terkait berbagai program pembangunan daerah yang telah dilaksanakan. “Silakan manfaatkan WiFi dengan baik, dan sampaikan masukan, keluhan, mudah-mudahan bisa disikapi Pemkab dengan baik” pungkasnya. (Diskominfo/PKP)