Banyuasin Sukses Gelar STQ XXIV, Palembang Juara Umum.

LANGKAN — Gelaran Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan resmi ditutup. Closing ceremony diselenggarakan di Halaman Utama Ponpes Qodratullah Langkan Kabupaten Banyuasin, malam ini (29/4).Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel didampingi Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM resmi menutup¬† dengan memukul beduk tanda usainya penyelenggaraan STQ XXIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Turut menghadiri penutupan STQ antara lain Ketua Komisi V DPRD Prov Sumsel HM. A. Gantada, SH., MH., Kakan Kemenag Prov. Sumsel HM. Al Fajri Zabidi, S.Pd., MM, M.Pd.I., Staf Khusus Gubernur Bid. Agama Drs. H. Najib Haitami, MM., Ketua LPTQ Sumsel KH. A. Nawawi Dencik Al Hafiz., Kakan Kemenag Kab. Banyuasin H. Abadil Tarmudi., S.Ag., M.Si., Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi, Ketua TP PKK Kab. Banyuasin Karwana, SE para Kepala OPD, para Camat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin yang sekaligus sebagai Ketua Umum Pelaksana STQ XXIV, Ir. SA Supriono, MM dalam laporannya mengatakan semua kegiatan lomba sudah terlaksana dengan baik dan sukses sebagaimana perencanaan yang telah ditetapkan. “Semua elemen Panitia Penyelenggara sudah bekerja maksimal untuk menyukseskan STQ kali ini, juga Dewan Hakim sudah bekerja ekstra keras.” kata Supriono mengawali laporan.

Sebagai penyelenggara dan tuan rumah Pemkab Banyuasin menyadari masih banyak kekurangan terutama fasilitas pendukung maupun tenaga, dalam mengoptimalkan segala potensi serta sumber daya yang dimiliki.

Lebih lanjut, Supriono menjelaskan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) memiliki manfaat tidak hanya untuk mendalami kalam Ilahi namun sebagai wahana untuk meningkatkan keimanan, penghayatan, pengamalan isi kandungan Al Qur’an. Kemudian dapat menjadi pendorong keimanan kepada Allah SWT dan Pengabdian kepada bangsa dan negara. “Mudah-mudahan dapat kita dapat menarik manfaat yanf banyak dan berkah” pungkas nya mengakhiri laporan.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Karo Kesra Pemprov Sumsel mengatakan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Sumatera Selatan, terutama kepada Panitia Penyelenggara dan Dewan Hakim yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada para peserta terbaik sesuai Keputusan Dewan Hakim tentang peserta-peserta terbaik STQ XXIV tingkat Prov. Sumsel. Namun, Gubernur juga mengingatkan bahwa prestasi itu masih perlu ditingkatkan lagi pada tingkat lebih tinggi lagi pada forum Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Utara yang akan datang. “Bagi yang belum mendapatkan prestasi terbaik, jangan berputus asa. Jadikan ini sebagai niat ibadah dalam melaksanakan syiar-syiar Islam” kata Gubernur melalui Karo Kesra.

Pada malam ini juga diumumkan pemenang STQ tingkat Provinsi Sumsel yang diumunkan oleh Ketua Dewan Hakim KH. Ahmad Nawawi Dencik Al Hafiz. Keluar sebagai juara umum yaitu Kota Palembang, disusul oleh Kab. OKI, dan Ogan Ilir. Kabupaten Banyuasin menempati urutan ke 5 dibawah Kabupaten Muba. Plt. Bupati Banyuasin didampingi Karo Kesra Pemprov. Sumsel menyerahkan trophy kepada para pemenang.
Berikut Rekapitulasi Pemenang STQ XXIV tk. Provinsi Sumsel :
1. Kota Palembang
2. Kabupaten Ogan Komering Ilir
3. Kabupaten Ogan Ilir
4. Kabupaten Muba
5. Kabupaten Banyuasin
6. Kabupaten Muaraenim
7. Kabupaten Musi Rawas
8. Kota Prabumulih
9. Kabupaten OKU Timur
10. Kota Lubuk Linggau
11. Kabupaten Musi Rawas Utara
12. Kabupaten Lahat
13. Kabupaten OKU
14. Kabupaten PALI
15. Kabupaten Empat Lawang
16. Kabupaten OKU Selatan
17. Kota Pagaralam

(KominfoPKP)