Banyuasin Raih Penghargaan The Best Fisheries Program pada ajang Kompas Gramedia Award 2019

Palembang – Program Pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) bidang perikanan berupa pemberian sertifikat Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) kepada kelompok pembudidaya ikan bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sehingga mampu mendongkrak hasil perikanan hingga 18.441.58 ton atau meningkat 12 persen pertahun sejak 2017 menjadikan Kabupaten Banyuasin mendapatkan penghargaan ” The Best Fisheries ” pada Ajang Kompas Gramedia Award 2019 dalam rangka 32 tahun Harian Sriwijaya Post, Selasa (15/10/2019) di Hotel Santika Primier Bandara Palembang.

Penghargaan tersebut di serahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan kepada Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH yang diwakili Asisten I Setda Banyuasin Ir. H. Kosarudin, MM di dampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Banyuasin Aminuddin, S.Pd., S.IP., MM, dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Hj. Ria Apriani.

Seperti di ketahui Kabupaten Banyuasin termasuk salah satu Kabupaten penghasil ikan terbesar di Sumatera Selatan terutama ikan patin dan lele dengan sentra budidaya ikan Patin yang berada di Kecamatan Talang Kelapa.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH melalui Asisten I Setda Banyuasin Ir. Kosarudin, MM mengatakan : Potensi perikanan di Kabupaten Banyuasin meliputi perikanan budidaya (budidaya air tawar, budidaya air payau dan budidaya air laut) dan perikanan tangkap. Daerah potensi budidaya ikan air tawar hampir di seluruh Kecamatan dengan potensi luas lahan sebesar 244.239,58 Ha

Produksi ikan budidaya pada tahun 2018 sebesar 39.304.73 ton yang di peroleh dari hasil budidaya dikolam sebanyak 21.259.50 ton, hasil budidaya di perairan umum sebanyak 101,18 ton, dan hasil budidaya di tambak 17.944.05 ton

Untuk tahun 2020 Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Perikanan akan melakukan terobosan ” Pengembangan budidaya ikan patin kualitas ekspor secara terpadu dalam satu kawasan ” dilengkapi industri pengolahan ikan patin di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I dengan luas lahan yang tersedia kurang lebih 100 Ha.

Melalui Visi Misi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera, Pemerintah Kabupaten Banyuasin Siap mendukung program Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan produksi dan mensejahterahkan masyarakat khususnya masyarakat perikanan, baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

Hadir pada acara tersebut : Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Komisaris Sriwijaya Post Kompas Gramedia Herman Darmo, Ketua Ombusman RI Prof. Amzulian Rifai, Pangdan II Sriwijaya, para Bupati/Walikota, Para Pimpinan Perusahaan.

 

(DISKOMINFO/PKP)