Antisipasi Penyakit tidak menular, Dinkes Banyuasin Gelar Penyuluhan ke Sekolah

Banyuasin – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  Banyuasin menggelar penyuluhan penyakit tak menular, penyuluhan digelar kesejumlah sekolah, baik Tingkat SMP, SMA Sederajat. Acara ini bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi secara dini penyakit tidak menular. Ada enam satuan pendidikan yang akan menjadi sasaran penyuluhan dan termasuk juga madrasah di Kecamatan Banyuasin III. Selasa (9/1)

dr. Revi Yani melalui bidang penyakit tidak menular (PTM) Bidan Kurniati mengatakan bahwa, tim penyuluhan terdiri dari dokter, bidan dan perawat. Materi yang disampaikan juga mengenai seputar penyakit tidak menular seperti kesehatan produksi (Kespro), termasuk pencegahan merokok di kalangan siswa, hal tersebut tentunya perlu dukungan dari semua pendidkan agar siswa tidak terpengaruh dengan hal yang negatif.

“Setiap tahun semua sekolah baik SMP, MTs, SMA SMK serta MA mendapatkan penyuluhan, penyuluhan juga memberikan masukan positif terhadap satuan pendidikan agar lebih menertibkan siswanya dan dengan adanya kegiatan ini bisa mengurangi tingkat kenakalan remaja di sekolah serta mencegah penyakit tidak menular.

Dilanjutkan Kepala sekolah MTs Miftahul Ulum (MU) Pangkalan Balai Efendi Aripin, SAg,. MSi mengatakan bahwa, penyuluhan kesehatan terhadap siswa disatuan pendidikan memang sangat perlu dilakukan. Apalagi di era sekarang ini tingkat kenakalan remaja sangatlah meningkat dan sudah masuk di lingkungan sekolah. Dengan melalui penyuluan ini menjadi masukan bagi Madrasah guna mencegah berbagai penyakit menular seperti miras dan merokok termasuk juga kesehatan retribusi sehingga para siswa paham tentang hal tersebut dan beliau mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Dinkes Banyuasin.