SAIK 2017, Ribuan insan Humas Kominfo se Indonesia Membaur di Palembang

PALEMBANG — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Asman Abnur didampingi Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin membuka Acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) Tingkat Nasional Tahun 2017 yang akan digelar di Hotel Novotel Palembang, (22/11). Acara yang sebelumnya bernama Temu Bakohumas ini turut dihadiri Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM didampingi Plt. Kadiskominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA.

Even nasional ini dihadiri sekitar 3500 peserta dari seluruh Indonesia baik pejabat tingkat kementerian dan lembaga negara, humas kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, perguruan tinggi negeri se-Indonesia, humas sekretariat daerah provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra), serta komunitas Blogger.

“Kali ini, Pemprov Sumsel yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Pemkab Banyuasin turut menyukseskan kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebagai upaya menyukseskan even nasional ini” kata Kadiskominfo Erwin Ibrahim

Erwin menambahkan Kegiatan SAIK 2017 kali ini,  akan dilangsungkan Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional, Anugerah Media Humas, Temu KIM Tingkat Nasional, Festival Pertunjukan Rakyat, Serta Pameran (Kehumasan, Pelayanan Publik, Produk  layanan unggulan daerah dan produk informasi KIM).

Lebih jauh ia menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu alat penyebaran dan pelayanan informasi serta menyiapkan masyarakat yang siap dalam persaingan dunia global dan perkembangan IT serta melalui program SIAK Tingkat Nasional diharapkan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kuantintas dan kualitas pembangunan bidang Kominfo yang semakin harmonis.

“Sebagai informasi, selain di Novotel diselenggarakan pula kegiatan pameran KIM di PSCC Palembang, yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 24 November 2017. Pemkab Banyuasin ikut berpartisisipasi. Bagi masyarakat Banyuasin yang ingin melihat produk Banyuasin, silakan kunjungi stan kami” kata Erwin.

Menurut Dirjen Informasi Komunikasi Publik RI Rosalita Niken Widiastuti, saat ini Pemerintah dituntut untuk berperan aktif dalam menyam-paikan informasi kepada publik terlebih dalam upaya memerangi informasi yang tidak benar. “Apabila Humas se-Indonesia bersinergi dengan baik, maka informasi yang baik dapat tersampaikan kepada masyarakat. Selain itu pola komunikasi dengan Two way Traffic, dapat mempertautkan antara pemerintah dan masyarakat.” kata Dirjen IKP

Menteri PAN RB Asman Abnur dalam sambutannya mengatakan acara SAIK 2017 ini dapat menjadi momentum bagi insan humas untuk dapat bersinergi sehingga informasi yang akan disampaikan Pemerintah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan pertemuan skala nasional ini, humas antar lembaga dapat saling bertukar informasi dalam rangka  mengolah informasi.

Ia mengemukakan bahwa Koneksi internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Muncul berbagai informasi secara cepat dalam hitungan jam, menit, detik. “Humas pemerintah sebagai pengelola informasi komunikasi harus kreatif, tidak bisa lagi terpaku pada budaya manual, tapi harus bertranformasi pada perubahan zaman. Inovasi dan kreatifitas menjadi kata kunci.” kata Men PAN-RB. (Diskominfo/PKP)