404 Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Banyuasin Resmi Dikukuhkan

Pangkalan Balai — Peresmian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyerahan Surat Keputusan Bupati Banyuasin formasi Tahun 2018 berlangsung tertib di Graha Sedulang Setudung, Selasa, (26/02).

Sebanyak 267 Tenaga Guru, 88 Tenaga Kesehatan, 30 Tenaga Teknis dan 19 Tenaga Honorer Eks K-2, diresmikan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Terhitung tanggal 27 Februari 2019, para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mulai bekerja di Instansi, Sekolah, Rumah Sakit atau Puskesmas yang telah ditunjuk sebagai tempat mereka bekerja.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banyuasin, H. Hazairin, SH. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil ini adalah untuk mengisi formasi yang kosong melalui seleksi CPNS formasi umum dan Tenaga Honorer eks K-2.

“Jumlah formasi sebanyak 432 yang ditetapkan oleh Menpan RB, jumlah pelamar 9.711 orang, yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 9.360 orang. Setelah pelaksanaan seleksi kompetensi dasar peserta yang dinyatakan lulus passing grade berjumlah 140 peserta atau 1,5% dari formasi. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya Permenpan RB Nomor 61 Tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan/formasi pegawai Negeri Sipil dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 atau yang dikenal dengan “Perengkingan”, jelasnya.

“Setelah dilakukan Perengkingan oleh Panselnas, maka didapat jumlah peserta yang berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang sejumlah 882 Peserta. Dari 882 Peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dinyatakan lulus dan diresmikan serta dibagikan Keputusan Bupati pada hari ini sebanyak 404 orang,” tambahnya.

Dan disampaikan juga bahwa CPNS yang diresmikan hari ini akan mengikuti Diklat Prajabatan atau Diklat Dasar CPNS selama 3 (Tiga) bulan yang dibagi dalam 8 (Delapan) Angkatan.

Dilanjutkan sambutan dari Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH. Dalam kesempatan ini, Bupati mengucapkan selamat kepada Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) atau Aparatur Sipil Negara ( ASN ) dan berharap agar para CPNS baru ini untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas untuk menuju Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera.

“Saya ingatkan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus bahwa kalian adalah pelayan masyarakat, oleh karena itu layanilah dengan “Hati” dan kalian harus bersyukur karena telah diberikan kesempatan untuk mengabdi kepada Bangsa dan Rakyat Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Banyuasin khususnya”, ucapnya.

“Tentunya keberhasilan saudara adalah perjuangan yang tidak mudah, bersaing sehat dengan ribuan peserta, untuk itu saudara harus bekerja dengan baik, disiplin, rajin dan mematuhi segala aturan yang berlaku sebagai Aparatur Sipil Negara. Saudara harus tunjukkan prestasi yang baik dan tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat ,” tambahnya.

Peresmian ini dihadiri oleh Bupati Banyuasin, Wakil Bupati Banyuasin, Plt. Kepala BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Syahrani Hanan, M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Wakapolres Banyuasin, Pasi Pers Kodim 0403 Banyuasin, Kajari Banyuasin, Kepala BPD DMD Kabupaten Banyuasin, Asisten I, Asisten III dan Para Kepala OPD Kabupaten Banyuasin.

 

 

(Diskominfo/PKP).